Friday, November 30, 2012

The Last November Ngeblog : 'December Wish'

Alhamdulillah...
Hari ini adalah hari terakhir bulan November, nyip nyop nyip rasanya. Itu artinya bulan Desember bakalan datang tanpa pun diundang. Saya merasa semakin cemas tak karuan, karena bulan Desember datang itu artinya kita berada di penghujung tahun. Dan 2013 akan segera tiba, dan ibarat  anak yang menanti dewasanya saya pun akan mengalami suatu tahap yang mana teman-teman saya sudah lebih dulu ngalaminya. Datang bulan? Haha bukanlah maksudnya Skripsi. Ya skripsi yang  saya juga merasa yang kata Sutan Batoegana itu Ngeri-ngeri sedap. Kenapa? Karena kemaren sempat liat teman saya yang nangis gara-gara skripsi. Keliatan banget dari mimik wajahnya beban yang tak terbendung hehe. Ya soalnya teman saya ini orangnya ceria dan ngak ada tampang cengengnya tapi dengan satu kata skripsi ini saya melihat dia nangis beruaian air mata juga. 

Lupakan tentang teman saya dan skripsinya. Nah, seperti ibu-ibu yang nunggu kelahiran anak pertama =,= tentu banyak doa-doa untuk itu, dan begitu pula dengan bulan Desember yang bakalan tiba, saya juga banyak harapan-harapannya. Sumpah ngarep banget!!  haha sama kayaknya nagrepnya anak-anak pada waktu natal yang mengharap kado natal yang wah wah dari sang sinterkelas (bener ngak tulisannya? ).

Oh ya sebelum curcol harapan, hari ini juga hari terakhir program November Ngeblog dari Nulis Buku Club Unsri, wah itu artinya ibarat puasa besok lebaran dong!! Heii tapi memang saya anggap puasa lho, puasa untuk malas buat ngeblog. Dan akhirnya selama 30 hari belakangan ini saya Cuma bolong dua tema. Itupun bukan kehendak saya, dan kalaupun ini puasa Ramadhan pasti dimaklumi oleh Allah SWT karena yang bolong hari ke 27 karena saya ketiduran, dan hari ke 28 karena di-php-in sama PLN yang ngebuat laptop saya tak bernafas kurang lebih 12 jam haha. Wah rasanya sampai ke penghujung sini berasa timnas Indonesia masuk final dan menang melawan Malaysia haha. (berasa kan? )
Nah, kembali ke harapan untuk bulan Desember, oke saya akan jabarin tiga-tiga haha. Yah satu-satulah: 

1. Kuliah lancar
Siapa yang ngak mau kuliahnya lancar coba?. Saya juga begitu berharap kuliah semester tujuh ini lancar, dan semoga di mudahkan Allah degan degala tetek-bengeknya. Lancar dalam artian tidak ngadat, semisal sakit, di-php-in dosen, ngak ngerjain tugas  dll. Ibarat BAB semoga plonglah. Dan ngak perlu minum vegeta segala. Namun jangan juga lancar dalam artian, saking lacarnya mesti minum diapet wkwkwk.

2. Tetap istiqomah
Istiqamah saya semoga tidak sebatas  dalam agama saja, semoga menyeluruh dalam segala hal. Dan yang pasti jangan sampai tidak istiqomah dengan diri sendiri (Ya Allah bantu baim ya Allah ). Atau yang makin parah malah php sama diri sendiri. Semoga tambah rajin ibadah, dan dijauhkan dari sifat menunda 

3. Sehat lahir batin
Yang kudu dan mesti. Bagaimana bisa aktivitas bulan Desember kalau lahir batin tak sehat. Memang mesti sehat dua-duanya, kalau salah saja yang sehat satu kan berabe, muka saya uda sengsara gini masa harus badannya saja yang sehat hadehh  atau jiwanya saja yang sehat. Haha jadi semoga Desember Kesehatan tetap terjaga, meski badan saya  sekurus gini juga tak apalah yang penting sehat, dari pada gemuk tapi gila atau gemuk tapi sakit jatung. Atau sakit kanker kayak di film-film yang pada akhirnya ninggal dunia sebelum tamat kuliah kan cedihhh kakak  hahah.

4. Semoga blog ini mendapatkan jadi dirinya
Haha. Ini harapan saya dari dulu, bahwa semoga blog saya punya jati diri. Sekarang? Belum menemukan jati diri sehingga masih keliatan jelas kalo blog saya ini ababil. Dan tidak punya tujuan yang begitu jelas hehe. Tapi Alhamdulillah setelah tiga tahun umurnya blog saya punya page rank juga walau cuma satu  jati diri disini maksudnya ngak begitu terarah kemana maunya, ini blog tempat curhat. Hujat. Dll haha gado-gadolah isinya. Saya kadang iri juga sama blog teman saya yang bagus-bagus, dapat-dapat award gitu, terus postingannya jelas. Haha. Yah tapi sudahalah lupakan semuanya jika belum terwujud jati diri. Yang penting tetap menulis 

5. Cukupkan apa yang kurang, kurangkan apa yang buruk, mudah dalam segala urusan.
Nah kalau yang ini doa saya sehabis shalat yang menurut saya paling simpel dan ngak berbelit-belit dan semoga doa saya ini dijawab Allah SWT, aminn

Nah, sebenarnya harapan saya itu banyak, maklum manusia sukanya ngarep #eh?. Hehe jadi saya rasa harapannya  tidak hanya seperti diatas itu saja. (ngomong be abis ide )...
Akhir kata saya ucapakan terimakasih utuk NBC Unsri dan Blogger Unsri atas kegiatan November Ngeblognya hingga saya ‘kepaksa’ untuk nulis di blog.
Semoga event nya tidak hanya sebatas disini 

@Benagustian
The Last November Ngeblog





Thursday, November 29, 2012

Catatan November


Nyip Nyip mamang ganjen posting  lagi setelah sempat pusing di php-in sama PLN =,=.  Dua hari saya ketinggalan tema, yang pertama karena saya ketiduran dan alhamdulillah masih bisa bangun, yang kedua gara-gara di Php-in PLN K laptop saya tidak bisa nyala kurang lebih 12 jam nyip nyip nyop rasanya

Brrrrr. Hari ini bakal cerita apa? K saya tidak punya banyak ide tapi alhamdulillah November tahun ini berjalan lancar meskipun banyak hal-hal bodoh yang akhirnya mejadi sesuatu yang tak enak untuk dikenang, dan sekarang saya baru merasakan bagaimananya rasanya K sampai saya curhat yang kata orang galau di facebook sama twitter yaeeeelaa K

Ya yang pertama saya nulis ngetweet “Sebenarnya saya sudah beberapa kali dikecewakan, mungkin juga bisa nambah jutaan kali lagi, yah tapi sudahlah..” nah sontak ada yang bilang saya galau K heiii dalam kamus saya tidak ada kata galau hoho. Tapi tweet ini lebih kepada untuk diri saya sendiri yang begitu bodoh dalam  banyak hal yang membuat saya sendiri kecewa sama saya sendiri =,=

Kurang puas ya kayaknya kalau Cuma di twitter dan beralih ke facebook. Saya juga buat status yang hampir mirip “Suatu hal yang tak mengenakkan itu adalah melanggar janji sendiri, memberi harapan palsu pada diri sendiri, kecewa dengan diri sendiri, dan tak bisa menjadi orang yang membanggakan untuk diri sendiri dan sekarang semuanya terjadi pada (diri) sendiri..” yah yah saya rasa tak perlu lagilah dijelaskan apa makna kata-kata ini haha.

Ah lupakan twit dan status itu J dan bulan November ini ada acara dari BEM FE usri dan salah satu rangkaian acaranya adalah kuliah umum bareng kepala Bapedda Sum-Sel (lupa namanya) yang jelas walaupun kepala Bapedda dia alumni unsri daru jurusan ilmu tanah (aneh juga ya? K). Lupakan juga tentang background pendidikannya. Tapi eh kayaknya ngak bisa, iya saya aneh saja kalau kepala bagian perencanaan dan pembangunan daerah berakhir di tangan bapak yang notabene-nya insinyur pertanian. Sepertinya istilah pengantar bisnis saya the right man in the right place tak berlaku. Tak heii tunggu dulu bukan saya mengatakan si bapak ini tidak kompeten ya. Bukannya kalau yang namanya kerja itu yang penting kata ‘mampu’ toh walau anak ekonomi tapi tak mengerti ekonomi bingung juga kan? Tapi yang jelas bapak ini cukup mumpuni dalam memegang jabatanya hehe itu terlihat dengan penguasaan dia dalam mejelaskan tentang seluk beluk ke-bapedda-an hehe

Ya mari kita benar-benar lupakan background siapa yang duduk siapa yang jelas action-nya ya ngak? Nah tadi sepanjang pemamaparan dan diskusi dengan beliau walau sebenarnya yang diskusi itu anak-anak Ekonomi Pembangunan dan saya hanya panitia peninjau hehe dan saya mencatat beberapa hal penting dan sudah saya share juga di facebook.

Diantaranya yang saya catat dari Ikut kuliah umum dengan kepala Bapedda Provinsi Sumsel tadi:
1. Banyak Proyek besar yang akhirnya batal karena regulasi pemerintah pusat buruk (ex: double track rel kreta palembang lampung)
3. Eksploitasi batu bara itu akan berharga selama kurun waktu 30 tahun kedepan
4. Pertambangan khusunya Batu bara merupakan pendapatan no 2 sumsel
5. Tol Plg-Indralaya mulai proyek tahun 2013
6. Sumsel provinsi terkaya namun kemiskinanan di atas rata-rata nasional
7. cadangan batu bara sumsel merupakan 40%-an cadangan nasional
8. palembang akan membangun monorel 5 triliun
9. Karet dan sawit komoditi andalan no 1
10. APBD sumsel sekitar 8 triliun
11. Galau dengan kerusakan jalan negara akibat eksplotaisi batu bara
12. dll

Sebenarnya saya mau jelasin lagi satu-satu tapi.... ya kalau saya jelasin satu-satu yang adanya nanti orang tambah ngak ngerti haha,  dan saya belari dari misi blog saya yang notabene-nya sederhana (ngeles). 

Ya saya rasa itu saja catatan akhir  November kali ini, semoga nambah ilmu dan sukses untuk kita semua.

@Benagustian
November Ngeblog

Monday, November 26, 2012

Kamar!!!



Kamar!!
Ilustrasi dari diastry.blogspot.com
Kenapa musti kamar? Kenapa ngak dapur aja temanya? Hehe. Banyakan protes ya. Namanya juga tema ditentuin ya mesti diterima dengan senang hati (mandi kembang K). Well well well kali ini kita akan sharing tentang kamar, jadi kamar siapa yang bakalan kita share duluan? Heh. Kamar tentangga, kamar pacar orang lain, atau kamar ibu kos? Haha. Emang bisa ya ngesahre tentang kamar orang lain? K
Oke, kamar (masih mikir K).  Ya kamar, ada apa dikamar? Ada kasur, ada bantal, ada lemari. J ehm kamar. (masih ngigau). Eh kamar dipandangan menurut kamu apa ya? Tempat semedi? Tempat pesugihan? Atau tempat main jelangkung sama teman-teman? K (parah).

Kamar adalah tempat dimana mungkin seperlima hidup kita habis untuk bersamanya. Yang siap menemani malam-malam galau jiwa tersesat dalam dilema (jiahaa J), dan  kamr juga yang selalu terbuka untuk kita (ini apa K).
Jadi, tulisan ini mau kemana arahnya K? Uhuk uhuk  sebenarnya saya cuma mau cerita tentang kamar, dan beberapa jenis kamar mahasiswa atau kalau disini lebih pasnya kamar kosan ya J.

1.       Kamar super rapi
Ilustrasi dari  aini28.wordpress.com
Pernah punya teman yang kamarnya bersih, asri (welas K), rapi dll? Pernah ya. Saya punya teman yang seperti ini yang setiap menit naluri pembantunya keluar yang tetap cantik/ganteng namun minus tiga karena selalu pegang sapu untuk menyapu hoho. Sampai sampai kita baru datang saja dia sudah mau nyapu sama ngepel (maksudnya apa ya K). Ya tipe orang yang satu ini memang  cocok jadi suami/istri idaman para pembatu hehe J Ngaklah maksudnya cocok untuk dijadikan teman satu kosan kalau kita orangnya rada malas-malas ya siapa tau kita ketularan rajin hehe. Tapi, yang jadi point pentingnya mereka ini mau ngak ya diajak jadi teman satu kamar kalau kita mala K? Hahaha

2.       Kadang bersih kadang kotor
Ilustrasi dari tom-kuu.blogspot.com
Saya sepertinya masuk tipe yang punya kamar seperti ini hahah. Uhuk yang bersih itu Cuma jumat sabtu minggu. Hari lainya? Jangan tanya, haha. Sebenarnya saya merasa orang seperti ini hatinya ababil tidak punya pendirian pasti. Kadang mau kadang tidak, plin plan. Welwh weleh emang bisa sifat orang dilihat hanya dari kamarnya??. Oh bisa, tentu bisa. Menurut seorang ahli biologi tanah kalau kamar seorang kadang bersih kadang kotor itu berarti dia termasuk tipe orang yang kayak kecoa ngesot K” yang selalu terlihat rapi di beberapa hari namun acak-acak di lain harinya lagi, dan itu artinya dia termasuk orang yang setengah setengah, setengah malas dan setengah lagi rajin dan setengah lagi ganteng =,= jadi berapa setengahnya?? K hahah

3.       Selalu kotor Cuma awal tahun bersihnya
Ilustrasi dari zona-kita.com
Istighfar dulu dah J sudah? Nah saya juga punya teman yang kamarnya selalu kotor, sebenarnya saya belum bisa menyimpulkan juga selalunya dimana tapi yang jelas setiap kali saya ke kamarnya saya selalu bertemu dengan suasana yang aduhai ya, celana dalam bergeletungan, piring kotor belatungan, botol minum bekeliweran, kertas buku berhamburan wah wah, dan dia pernah cerita kosnya bersih hanya di hari-hari besar seperti  awal tahun, idulfitri, dll K kenapa bisa begitu? Katanya kepaksa =,= pasti teman pada mampir banyak K

Sebenarnya saya juga tidak begitu paham dengan tipe-tipe kamar dalam hal kebersihan ini, sebab tidak semua kamar bisa dikategorikan seperti itu. Ada juga teman kita yang selalu ada keajaiban pada kamarnya, seperti ketika pagi hari kamarnya seperti kapal pecah namun setelah pulang kuliah ajaibb ajipp sudah rapi lagi. Kok bisa ya? Lah iya yang bersihin orang tua atau pembokatnya haha. Jadi ini masuk tipe mana? Ah saya rasa tipe orang yang ketergantungan haha.

Saya rasa itu saja curcolan yang sederhana ini, semoga bermakna dan bermanfaat ya (mikir manfaatnya apa K), jadi termasuk di tipe yang punya kamar seperti apa kamu?

@Benagustian
November Ngeblog

Sunday, November 25, 2012

Aku ingin : Cinta Sederhana


AKU INGIN

Oleh :Sapardi Djoko Damono
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada
Saya punya sekitar 40 menit lagi untuk curcol hohoh. Oke saya tidak banyak waktu karena dikejar deadline. Seperti puisi diatas, aku ingin menuliskan sesuatu dengan sederhana. Wah wah tema blog saya bener ini. Saya tidak akan bahas tentang cinta-cintaan. Karena saya tidak pandai menulis cinta-cintaan J. Tapi, puisi itu tentang cinta-cintaan L hadehhh (telen mouse pad). Oke ditambah well well dah saya akan bercerita sedikit atau malah lebih dari sedikit K. Ah semua orang tau kan kalau puisi itu maknanya cinta tak sampai hoho. Dan ini seperti mengorek luka lama dan penggalaman sendiri hadehh (tak terhindarkan curhat K)

Ngebahas puisi di atas sepertinya enak dimusikalisasikan, dengan suara rintik-rintik hujan ditambah petir yang jedar-jeder dengan kilatan-kilatan cahaya seperti di film suzana K Biar terlihat romantis J atau biar lebih dapat maknanya dibaca dikuburan cina =,= kan dapat maknanya kalau sang gebetan mati tanpa sempat menyatakan cinta (ini apa ya K).

Ya puisi ini bercerita tentang keinginan yang sederhana seorang terhadap serorang yang ia cintai (sudah tau K ngokk). Ah sudah saya bilang saya kurang pandai menceritakan tentang cinta-cintaan ini seperti hujan tak kunjung turun, dan aku masih tak tau mau bercerita apa, seperti malam tanpa bintang =,= (tambah nganar K)

Eh before dan after, semua orang pasti punya kondisi seperti puisi ini?. Punya. Pasti punya kondisi mencintai dalam diam dan ditahan hingga bak api memenjadikan kayu menjadi abu (asyekkk J). Yang mana kata ustad saya lebih baik menahannya dari pada merusak fitra cinta itu sendiri =,=.  Hayo siapa yang sudah menjadi abu? Dan siapa yang sudah menjadi tiada oleh karena datangnya hujan J.

Cinta yang tertahan, itulah inti dari puisi ini. ehmm tertahan atau ditahan saya rasa tak ada ubahnya seperti mehanan untuk kentut, ditahan ngak nyaman dikeluarkan rameee K. Tadi juga saya jadi melow melow abis nonton film Indonesia tentangg cinta tertahan yang sepanjang film yang saya ingat Cuma satu “cinta itu seperti kopi panas, enak diminum selagi panas tapi resikonya sedikit-sedikit, atau diminum setelah dingin tapi resikonya cepat habis” “cinta buat kita jadi serba salah ya” (asyekkk K)

Tapi saran saya kalau kondisi seperti apapun lebih baik kayak puisi ini, mencintai dengan sederhana, tidak lebay, tidak over act, dll. Bagaimana ndak sederhana coba kalau mencintai dalam hati (cidaha K) sangat sederhana malah. Tapi bukankah yang sederhana itu harganya wah J kayaknya RM sederhana. Wew tapi memang kita disarankan sederhana dalam menjaga fitra persaan bukan?.

So, di 10 menit akhir deadline. Jagalah cinta sederhana kita hingga sampai pada fitra yang luar biasa jadi tak seperti kayu yang menjadi abu, atau seperti awan hilang karena hujan. Asyek K  Salam cinta sederhana J

@Benagustian
November Ngeblog

Catatan Sore ini : Pesimis vs Optimis

“ada orang yang kadang pseimis di langkah pertama, ya seperti hari ini, mungkin ada jutaan manusia yang pesimis”

Semua orang pasti memiliki rasa pesimis dalam hidup, minimal sekali. Mengapa saya katakan seperti itu? Karena memang sifat manusia yang selalu merasa dirinya tidak mampu padahal terkadang dirinya mampu. Merasa dirinya tak berarti padahal penghargaan orang padanya besar. Merasa tak berguna sementara orang menaruh harapan besar di pundaknya.

Pesimis, sifat yang tidak memiliki keyakinan tidak memiliki harapan baik, khawatir kalah, dan mudah putus (tipis) harapan. Istilahnya itu menyerah pada keadaan. Seperti hari ini mungkin ada jutaan masyarakat Indonesia yang pesimis terhadap penampilan timnas di laga piala AFF. Setelah sempat tertinggal denga  Laos, dan buruknya permainan yang tampilkan. Tapi tunggu dulu, bukankah ini baru awal? Baru melakah di langkah pertama bukan? Untuk apa pesimis? Bukankah harapan itu masih ada walau sejarah memang mencatat bahwa timnas kita memang kadang kalah bak menjadi pecundang. Tapi, bukan karena hanya masa lalu buruk lalu kita putus harapan bukan? Saya bukan cuma mau membesarkan harapan, atau membesarkan hati untuk ini. Tapi, lebih kepada pembelajaran untuk sikap pesimis kita terhadap negeri sendiri. Benarlah kiranya seorang pandji pernah bilang yang dibutuhkan pertama kali untuk maju adalah sikap optimis dan buang jauh sikap pesimis, karena sikap 
pesimis hanyalah air panas yang menyiram tanaman layu.

Optimis, ya optimis. Karena sikap yang berpengharapan baik akan selalu memadang masa depan adalah bagus hingga semangat dalam melakukan apapun. Ah saya juga bukan orang begitu idealis dengan kata optimis. Saya juga masih sering merasa pesimis, bisa dikatakan selalu datang saat kita memang merasa tak punya kemampuan, namun saya punya pandangan bahwa harapan selalu ada untuk orang-orang yang mau berusaha, meskipun usaha yang tak begitu maksimal.

Yah, catatan kecil sore ini setidaknya mengajarkan pada kita satu hal bahwa selalu ada harapan, dan kesempatan. Seperti guru saya pernah bilang “sebenarnya kesempatan selalu datang berkali-kali, namun seberapa banyak kita dapat menggapai kesempatan itu, itulah pointnya.” Untuk setiap jiwa yang merasa negaranya tak mampu, untuk semua jiwa yang merasa tanah airnya tak mampu. Sebelum itu semua jangan bandingkan apa yang telah bagus dengan apa yang masih buruk. Bukankah tak dapat dibandingkan komputer dengan mesin tik,? Bukankah tak dapat dibandingkan tanah berlumpur dan tanah bebatu, jika kita mencari perbandingan maka carilah yang sepadan. Dan teruntuk pada bangsa kita, tak ada satu pun negara yang sebanding untuk dijadikan perbandingan. Lalu mengapa kita masih pesimis?

Semoga Indonesia menanggg!! optimis saja dulu
Toh, walaupun nanti kalah dia masih tim kita, tim negeri ini J

@Benagustian
November Ngeblog

Saturday, November 24, 2012

Mahadewi? Siapakah dia?


Sumber gambar dari  kaskus-forum.blogspot.com
Nyip nyip saya masih nunggu alarm hape saya untuk bunyi. Kenapa? Karena kalau jam 11:00 malam alarm bunyi itu tandanya saya mesti pulang (emang cinderella -,-?) hahah ndak maksudnya kalau sudah jam  11:00 saya mesti nulis di blog. Nanya kenapa lagi? Karena sinyal modem saya sudah mulai waras jam segini wuihhhh curhat =,=

Curcolan dipostingan kali ini tentang sesuatu yang sedikit fenimin =,= Mahadewi. Ngaklah kita akan sedikit cerita tentang lagu fenomenal dari salah satu band papan atas di negeri ini. Mahadewi dari Band Padi. Semua orang pasti tau band ini. terlebih lagi saya taunya band ini pasti lirik lagunya itu dalam banget maknanya. Mau pengen gambaran dalamnya kayak apa ya bagaimana menyelam tak kunjung sungai yang tak kunjung ketemu dasarnya hoho. Itu artinya memang artin dari lagu itu saya memang ngak ketemu haha =,=

Yah lagu Mahadewi itu sendiri diciptakan oleh salah satu personel band padi. Piyu. Konon katanya lagu itu diciptakan oleh si mr Piyu ini sambil menagis hohoh. "Sampai saat saya membuat lagu Mahadewi saya menangis, sehingga saya merasa begitu dalam," Begitulah katanya. Wajar kalau maknanya susah ditebak =..=

Ehm ehmm saya baru bisa memaknainya sendiri lagu ini ketika ngeliat video klipnya berkali-kali sampai ngak terhitung lagi kalinya weh. Kalau si pencipta lagu menagis ketika nulis ini lirik saya paham. Karena saya punya alibi kuat kalau yang dimaksudkan lagu ini adalah ibunya sendiri. Yah saya berpandangan bahwa dilirik itu ada disebutkan “Aku merasa mengenal dia
“ yah kalau pun ada yang mengartikan lagu ini untuk kekasih saya rasa kurang pas ya. Apa lagi di video klipnya tidak digambarkan adanya unsur cinta antara seorang laki-laki dengan perempuan yang berkasih-kasihan wek.

Coba kita simak bersama-sama lirik lagunya berikut

Hamparan langit maha sempurna
Bertahta bintang-bintang angkasa
Namun satu bintang yang berpijar
Teruntai turun menyapa aku

Ada tutur kata terucap
Ada damai yang kurasakan
Bila sinarnya sentuh wajahku
Kepedihanku pun terhapuskan

Alam raya pun semua tersenyum
Merunduk dan memuja hadirnya
Terpukau aku menatap wajahnya
Aku merasa mengenal dia

Tapi ada entah di mana
Hanya hatiku mampu menjawabnya
Mahadewi resapkan nilainya
Pencarianku pun usai sudah

Dan sembari membaca lirik tersebut sekalian diputar video klip berikut ini dan download lagunya >> disini <<

Nah gimana? Apakah pandangan kita sama? Ah apapun makna lagu ini yang jelas saya suka dari dulu sampai sekarang. Tapi saya masih memaknai lagu ini ya untuk seorang ibu. Itu menurut saya, bagaimana menurut kalian arti dari lagu yang puitis ini?

@Benagustian
November Ngeblog



Friday, November 23, 2012

Cerita di balik ujian

“Eh sebentar lagi mau ujian pinjem catatan dong”“Eh besok ada ujian. Aku padamu ya?”“Minggu depan ujian lho, sudah ngopi catetan si Anu?”
Mungkin sebagian orang tidak asing lagi dengan kata-kata seperti diatas atau yang setipe dengannya hehe. Ya, apa lagi seorang mahasiswa pasti setiap semester nemu kata-kata yang kek beginian hoho. Eh, Ngomongin masalah ujian mungkin ada yang menganggap bahwa ujian yang seperti ini ya benar-benar ujian dari tuhan, tapi saya untuk kali ini akan becerita tentang ujian dalam kontek kayak Ujian semester, Ujian tengah semester, Ujian dadakan dll. Yah, walaupun sebenarnya ini ‘ujian’ dari tuhan juga untuk para mahasiswato dan mahasiwiti.
Ehm, bercerita tentang ujian sepertinya lebih asyik ngebahas tentang seluk beluk atau hal-hal menarik yang kebiasaan dilakuin ketika ujian ya, mulai dari toleh kanan toleh kiri sampai raba sana raba sini saku celana maksudnya.
Nah kali ini saya akan menawarkan (sales?) menuliskan hal-hal itu hehe. oke, langsung ke yang pertama:
1.       Ngopi catatan
Point pertama ini Cuma di kamus anak-anak males nyatat kayak saya, namun tidak akan anda temukan di kamus anak-anak berkaca mata minus. Ya kadang anak berkaca mata minus ada juga yang memakai kata ini dalam kuliah mereka hehe. Ngaklah maksudnya yang berkaca mata minus itu indentik dengan pinter, jadi untuk anak yang pinter ngak bakalan ada yang namanya mereka ngopi catatan orang, yang ada walau mereka ngak nayatat tapi otak mereka catatan berjalan, yang kadang juga tak ayal digunain rame-rame oleh orang ketika ujian sebagai buku berjalan hehe..

2.       Nyontek
Dunia juga tau, dosen juga tau, apa lagi malaikat dan apalagi tuhan. Menurut penelitian hampir 78,9853832% mahasiswa di Indonesia pernah melakukan yang namanya mencontek dan sekarang angkanya sudah mencapai 99,991% dan pemerintah akan meningkatkannya menjadi 100% (prof Dodol:36) << hahah emang ada penelitian kek ginian??
Lah lupakan penelitian gila bohong pake banget itu, yah memang pada realitanya kebanyakan dari mahasiswa pernah melakukan contekan ketika lagi ujian. (Catatan: Kebanyakan). Namanya juga ujian kan? Walau bagaimanapun caranya mesti lulus bukan? Bukankah tuhan memberikan dua pilihan jalan kebenaran dan jalan kesesatan. Maksudnya?? Ya sebenarnya mencontek ini jalan kesesatan heheh (tapi saya suka dikit make jalan ini) haah

3.       Tempat menentukan prestasi
Sudah sekitar setengah dari pofesor bidang bahasa di Indonesia meneliti siapa yang pertama kali mengeluarkan kata-kata ini, selain itu hampir seluruh profesor di Indonesia sedang melakukan pengujian teori yang dilahirkan oleh para mahasiswa ini. mereka berpendapat kalau kata-kata ini merupakan teori maka perlu diuji keilmiahannya (prof Dodo:90) << ini penelitian siapa jugaaaa??
Eh, tapi nanti dulu saking hebatnya mahasiswa teori itu dibuat sebelum mereka dapat gelar master atau doktor, boro-boro doktor sarjana juga belom kelar, sudah berteori seperti itu seperti profesor wkwkw mahasiwa pinter ternyata ya??
Tapi sebenarnya kata-kata ini lebih menyiratkan tempat duduk menyatakan keleluasaan dalam mencotek, contekan bagus prestasi ya prestisius. Haha lagi lagi ini Teori sesat wkwk. Mau duduk dimanapun kalau otaknya uda pada dilatih untuk bisa ngejawab pasti lah menuai prestasi ya ngak??

4.       “aku belom belajar. Aku padamu ya?”
Wuekkk.. sebenarnya saya juga risih denger kata yang ini haha walau kadang saya juga sering ngucapinnya =,=. Sudah tau mau ujian masih juga belom belajar?? Jadi belajarnya kapan? Sudah ujian? Entahlah jangan tanya padaku aku tak tau hahha =,=
Ini juga hal buruk yang biasanya menyerang mahasiswa ketika musin ujian “aku padamu” itu artinya?? Yah mau nyontek lagi =,= memang enak menggantung kan nilai pada orang lain. Walau kadang pada akhirnya yang tergantung itu adalah C D atau lebih parah lagi E yang tak jarang juga menjadi mahasiswa berpikir untuk gantung diri haha dahsyatnya kalimat penggantungan diri ini =,=

5.       Senggol sana senggol sini
Nah ketika ujian berlangsung mahasiswa juga kadang bisa menjadi manusia yang pinter goyang dangdut dadakan selama kurang lebih 120 menit, dengan goyang senggol meraka, sampai kadang kursi yang iya duduki pun jadi kursi goyang.. tarikk mang. Senggol kursi depan minta jawaban, senggol kursi samping mintak jawaban. Senggol kursi dosen.. ngapain??. Tak pandai senggol-senggolan? Kursi dia sendiri jadi kursi goyang haha. Hebat hebat ya.. lagi-lagi ini cara setan wkwkwk

6.       Nyesel kemudian
Benar kata punjangga besar dunia mang Zuhri Zuhamdi (ngasal) bahwa penyesalan datang di akhir. Yah emang ada penyesalan datang duluan??. Biasanya abis keluar dari ruang ujian pada bawa wajah nyesel-nyesel gitu dah. “eh nyesal kenapa ngak dibaca” “eh coba kalau belajar” “ coba kalau serius, pasti bener semua” ya masih mendingan ada penyesalan kek gitu, tapi jangan sampai jadi nyesel kuliah, atau yang lebih parah nyesel idup =,= hhh

Masih ada yang kurang hal-hal apa yang perlu diceritakan ketika ada ujian??
Saya rasa Cuma itu cerita saya ketika ujian bagaimana dengan kampus mu? Sekolahmu? Atau jurusanmu? Haha

Ps: hal diatas ambil yang postifnya aja yang buruk dibuang, tapi awas jangan dianggap positif semua ya, nanti lupa sama kitab suci =,= apa hubungngannya :p



Thursday, November 22, 2012

Beberapa permaianan masa kecil dulu

Masa kecil adalah bentuk lain dari tulisan yang tertulis dalam ingatan dan kenagan kita, yang jika dibaca menjadi indah jika di ingat menjadi manis-Benagustian
Apa yang paling menarik untuk diingat dari masa kecil kita, bermain lumpur? mandi air hujan? main petak umpet? main bola? atau banyak kegiatan lain dari masa kecil kita yang paling kita ingat. Ah usia belia memang menarik untuk diingat dan dikenang ya?. Seperti hari ini mungkin ada yang tersenyum, sendiri jika memperhatikan tingka anak kecil di sekitar kita dan  membandingkannya dengan masa kecil kita dulu. 

Tapi, apakah masa kecil kita dulu seperti masa kecil adik-adik kita, atau anak-anak kita? Beda. Ya jelas berbeda karena zamannnya juga berbeda, nah membicarakan tentang masa kecil, saya punya cerita tersendiri dengan masa- masa ini. Ya diantaranya tentang banyaknya waktu bermain daripada belajar hehe. Kalau kuliah sekarang?? banyaklah belajar daripada bermain walau pada kenyataannya belajarnya juga main-main hehe.

oke, mengingat tentang permainan masa kecil saya punya banyak permainan yang menarik umtuk diingat. Mulai dari permaianan bergroup, perorangan atau pun jenis permainan yang seperti berolaraga ketika memainkannya.

1. Bermain Kelereng.
Sumber bensdoing.wordpress.com
Ini zaman atau angkatan anak-anak tahun 90an hehe. Berhubung saya anak kampung ya permaianan kelereng ini populer di waktu saya kecil dulu, mulai dari bermain dengan menaruhkan sejumlah kelerang kemudian di tembak menggunakan kelereng lain dengan menggunakan jari, permaianan kelereng memang selalu asyik untuk dimainkan, apa lagi kalau menjadi pemenang, Punya banyak koleksi kelereng yang berwarna warni. itu rasanya punya kebanggaan sendiri ya.


2. Bermain Sepeda
Sumber https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT_t7vdK8D8Toht_sHenu0uZwL-Tdlwh4b89whYt5zByrcLTOdl
Nah ini merupakan permainan yang sekaligus olaraga, dulu waktu kecil saya sering main sepeda dengan teman-teman saya. Asyik main sepeda itu kalau kita tanding siapa yang finish duluan. Pernah kecelakaan sepeda?? pernahlah. Sampai gigi depan saya patah malahan hehe. ya saya rasa tidak ada anak yang tidak kecelakaan dalam bermain sepeda. :)

3. Ular tangga
Sumber larismanis.multiply.com
Kalau permainan yang satu ini memang tidak bosan memainkannya, zaman sekolah menengah juga masih sering main permainan ini, saya rasa hampir semua orang tau dengan permainan goncang, lempar terus jalan ini. Asyiklah kalau dulu itu siapa yang kalah bakalan dikerjain dengan mencolekkan arang kemukanya hahah

4.Layangan
sumber portalmataram.blogspot.com
wah main layangan merupakan hal yang paling asyik sampe lupa waktu kalau tiba-tiba hari sudah sore. Dulu saya kurang jago kalau main layangan jadi saya kadang ngajak bapak saya atau kakak saya untuk main layangan, kenapa? karena dalam  maen layangan ini sering ada istilah 'pantisan' kurang lebih saling memutuskan benang layangan orang lain lah hehe. Satu lagi yang unik yaitu layangannya tidak beli tapi membuat sendiri didesain sendiri diwarnai sendiri. wah pokok asyik dah.

5. Renang di sungai
Sumber abutanyoe.blogspot.com
Bagi anak-anak kota mungkin renang ya di kolam renang waktu kecil, nah saya yang anak kampung sering berenang di sungai. sungainya yang lebih seram itu ya dalam, jadi kudu memang bisa berenang, saya dulu bisa berenang juga karena terpaksa soalnya saya pernah tenggelam dan berusaha tidak tenggelam dan akhirnya saya diajari sama kakak saya akhirnya bisa juga. Bisa berenang dari kampung ini juga membuat pelajaran olaraga renang saya di sekolah menengah dapat nilai seratus untuk gaya bebas haha.

nah itu sebagian dari kegiatan masa kecil saya bagaimana dengan kamu?
eh kalau dipikir-pikir masa kecil saya dengan masa kecil anak-anak sekarang berbeda sekali. contohnya

1. Game
Sumber  food.detik.com
Di zaman saya dulu memang sudah ada yang namanya game, tapi kalau sekarang mah sudah mejadi hal yang kudu atau harus dilakukan kayaknya oleh anak-anak kecil, tapi mirisnya main game sekarang cenderung tak bergerak, gimana mau bergerak jika yang bergerak jika jari-jarinya doang, haha tapi katanya sekarang sudah ada video game yang memainkan dengan cara bergerak layaknya permaianan nyata.

2. PC Tablet
wah kalau seakrang ya bukan barang langka lagi kalau liat anak-anak kecil sudah pada pinter memainkan alat canggih ini, sayang saya kecepatan lahir haha. semua permainan ada dalam satu tablet.Ngiri dah.


Tapi tunggu dulu, beruntunglah yang terlahir sebelum zaman sekarang, kenapa?? karena kita tidak begitu dikotori oleh dampak negatif dari teknologi hehe
Itu cerita saya hari ini. Bagaimana dengan cerita masa kecilmu??

Wednesday, November 21, 2012

Lembar penguat firasat

Aku masih mencari. Dalam lemari, dalam laci dan semuanya sudah aku ubek-ubek semua, ruangan ini memang tidak banyak lemari atau rak terpajang, namun mengapa semua tempat telah aku periksa tak kunjung juga ketemu. Aku butuh data itu. Aku mau tahu. Itu saja. Ah sebelum pukul lima sore ini aku harus menemukan semuanya. Tak sanggup aku hidup dari ketidak jelasan, Bukankah manusia butuh kepastian. Walau ya kadang tidak semua mendung akan berakhir hujan. Ah apalah namanya. Yang jelas aku mau tahu semuanya. Walaupun jawabannya buruk atau baik aku tak peduli

Sepasang mata tampaknya memperhatikanku dari tadi, ketika tangan-tanganku sibuk menyibak-nyibak tirai-tirai rak tua peninggalan kakek. Rak yang penuh dengan buku-buku bertuliskan arab melayu. Aku masih tak peduli siapa yang memperhatikan ku. Yang jelas sekarang aku masih terus mencari. Mecari secarik kertas untuk memperjelas jawaban atas pertanyaan yang memang menyulitkan.

"Kamu mencari apa Ndi?. Bisa mbok bantu?" suara ibu tua yang setiap pagi meyiapakan makanan keluargaku menghiasi telingaku
"ngak usah bik, saya cuma mencari secarik kertas kok, bentar lagi juga ketemu kok" Jawabku singkat untuk tidak merepokkannya
"Loh kan kalau mbok bantu, kan bisa cepat ketemu, lagian kalau mama sama papamu dirumah bakalan dimarah lo ngacak-ngacak ke gitu" Dia memperingatkan aku dan mencoba menawarkan bantuan.
"iya mbok, berhubung mereka ngak dirumah itulah saat kesempatan yang pas untuk ngacak-ngacak rumah, maaf bik. Hehe" Jawaban ngeyel ku sambil senyum kepadanya.
"iya sudah nanti beresin ya mbok mau kebelakang dulu" Dia mewantiku dan beranjak pergi

Aku masih mencari-cari, lembaran demi lembaran aku buka dan setiap dokumen penting juga aku baca. "ah kalau bukan karena golongan darah yang berbeda dengan mama dan papa tidak akan seperti sekarang keadaanya. iya saya punya orang tua namun mereka sibuk dengan kerjaan mereka masing-masing, sementara tak jarang mereka berbulan-bulan tak tingga dirumah. Ya sepeti sinetron memang dikala seorang anaknya cuma tinggal dengan pembantu saja. Namun apa boleh buat cerita sinetron tampaknya memang diilhami dari keadaan saya sekarang.

Tidak hanya golongan darahku berbeda dengan mama sama papa, aku jadi punya firasat yang buruk dan cenderung durhaka dan tak pantas untuk diutarakan, jadi saya mencari sendiri siapa tau saya menemukan jawaban. Aku punya firasat dunia sinetron terjadi dalam keluarga ini. Miskin kasih sayang, kurang perhatian, dan cenderung terkucilkan. Ah lupakan itu yang penting dokumen caatatan siapa diriku segera ketemu. Lagian saya juga berhak tau siapa saya sebenarnya. Toh umurku sudah 20 tahun sekarang.

Setalah lama mencari secarik kertas kuning lusuh menarik perhatianku, dan saya mulai membaca pelan

Akta Pencatatan Kelahiran

Pada tanggal 21 januari 1992 di Kota Baru
telah lahir seorang putra dari pasangan Ahmad Riadi dan Riani Suryo
yang di beri nama Andi Riamad
Kota Baru, 22 Januari 1992
Dinas pencatatan sipil kota baru


Drs. Muhsin Saldi.
dadaku sesak, firasatku benar. tak tertahan air mata ini menahannya. Ibuku ternyata Riani Suryo jadi siapa yang selama ini saya panggil mama? yang tetanggaku memanggilnya dengan Sumiati Lubis? tanyaku makin memuncak. Terpaku diantara tumpukan-tumpukan buku dan kertas-kertas bau asin dan apek.

"Ada apa Ndi? heii kenapa ada apa?" Tiba-tiba bibik datang kepadaku
"Bik, bibik kan sudah lama dirumah ini, bibik bisa jelaskan siapa Riani Suryo? kenapa dia di akta ini menjadi mama saya bik? aku menghujaninya dengan pertanyaan. Karena selama ini cuma si bibik yang tempaku bertanaya banyak.
"Lho itu kan ibu kamu, masa kamu ngak tau, kenapa toh? Dia balik nanya heran.
"ha? jadi mama yang selama ini? tanyaku langsung dipotong
"Iya dia ibu tiri kamu, masa kamu ngak tau Ndi? emang nagak dikasih tau sama papa sama mamakamu? Bibik semakin heran
"Iya bik saya tidak pernah dikasih tau, mereka semua benar-benar sibuk sampai seumur ini saya baru tau riwayat ini, sungguh jahat" Aku mencoba menjadi kuat untuk semuanya.
"Lho ini gimana toh? Jadi memang dulu mama kamu menginggal ketika dua bulan setelah ngelahirin kamu, dan ketika kamu umur satu tahun ya papa kamu menikah dengan nyonya Sumiati. dulu memang mereka berdua pernah bilang ke saya biar mereka sendiri yang ngasih tau semua ke kamu, jadi si Mbok diminta tak mengungkit-ungkitnya lagi kemudian hari" Cerita seingkatnya sungguh tak kusangka, oh tuhan aku sungguh tak percaya ini benar-benar dunia sinetron dimana aku menjadi peran utama.

Sembari menyimpan sedih dan perih, karena tau siapa mamaku di umur dua puluh, tak terbanyangkan betapa sbegitunya mereka memperlakukanku.
"wajar saja golongan darah ini tak cocok dengan mama sama papa, mungkin golongan darahku memang cocok dengan almarhuma mama" pikirku.

ternyata firasatku selama ini benar, bahwa mungkin ada yang di tutupi dalam kelaurga ini, hari ini kenyataan hidup menguak kepermukaan di umur dua puluhku, sungguh firasat yang tak begitu asyik untuk dinyatakan.

PS: amponnn kakak sinetron banget ini dah... hahah

Tuesday, November 20, 2012

Surat Untuk Admin

sumber cokistriputrisara.blogspot.com
Sebuah komputer tua peninggalan paman saya kuliah masih menyala kedap-kedip tanda monitor sudah tua, jam dinding masih meunjukkan jam 07:00 PM, sementara di luar hujan masih merdu kedengarannya, di sudut tempat aku duduk, secangkir kopi panas yang sedikit pahit karena kurang gula. Aku masih asyik mengotak-atik komputer antik ini. Asyik. Itulah rasanya. Tak jarang hampir seperempat waktuku habis di depan komputer yang telah layak dimesiumkan ini. Temanku juga sering bertanya mengapa tidak ganti saja dengan komputer yang lebih canggih. PC jinjing kata nenekku (Red : Laptop). Jawabanku pada mereka cuma satu "aku suka yang antik dan tua" lantas tak jarang saya diledek "nanti kamu jodohnya sama perawan tua dong, atau nenek-nenek. Kan suka yang antik?. Mereka tak jarang juga tertawa lepas dan terkakak-kikik mejadikan komputerku dan aku bahan tertawaan.

Komputer memang tak bisa lepas dari pekerjaanku. Pekerjaan yang memang membutuhkan komputer dan jaringan internet. Ya saya salah seorang admin dari rubrik tanya jawab menulis online, dan juga sekalian berjualan buku online. Tampaknya memang mudah melakukan pekerjaan ini. Tapi untuk saya seorang mahasiswa semeter tujuh seperti sekarang ini pekerjaan ini menjadi sulit karena menyita sedikit pekerjaan tambahanku yang lebih wajib dari semua ini. Ya Skirpsi, yang sering orang pelesetkan menjadi skripshit. Dulu bagiku apa susahnya sekedar menulis kata-kata dengan data. Tapi sekarang saya baru tau rasanya.   Menulis skripsi bukan cuma berkata-kata dengan data namun juga memahami realita. Realita dosen yang jatuh "cinta" sehingga skripsi saya digantung tinggi. Saking tingginya tak tergapai olehku bab satunya :) 

Lupakan masalah skripsi, kini kerjaanku menunggu penuh waktu. "ya sampai jam 00;00 lagi" pikirku. Sebagai seorang admin yang mestinya harus online minimal sejam dalam sehari tentunya berinteraksi dengan orang yang punya tanya bejibun dan permintaan pembelian buku. 

Hujan masih saja asyik menyentuh atap rumah ini, ah suaranya membuat mata terlena ingin terbenam dalam suaranya. Dinginnya malam menjadi daya tarik yang begitu menggoda jiwaku. "ah sabarlah mata tak bareng lama juga kita membuka. Hingga malam tengah kelam kita akan tidur bersama." Pujuk batinku mengiba.

"kring" Tiba-tiba sebuah surat elektronik masuk, saya langsung membukanya dan tiba-tiba "ya Allah email-nya menumpuk dan mesti dijawab satu satu" ya seharusnya saya harus membukanya setiap ahri tapi kali ini sudah tiga hari saya tidak online. saya membaca surat pertama

dari: tralalagila@yahoo.co.id
ke: admin@NBC.com

min kenapa jarang online ya sekarang? putus dengan pacar ya? atau lagi pacaran sama skripsinya? jangan terlalu jatuh cinta sama skripsi min nanti lupa kita-kita. kita-kita kan rindu celotehan mimin di twitter, milis sama fansPage hehe. eh btw itu adminnya satu kan?
Salam,
cewek bacot setengah manusia, setengahnya lagi imut

Saya hampir pingsan membaca email yang satu ini, ini email kok tidak ada sangkut pautnya sama pekerjaan saya ya, bukan pertanyaan tentang menulis, bukan juga orderan buku. Lantas saya mengayunkan jari men-klik tomblo reply

to: tralalagila@yahoo.com

lagi banyak kerjaan. tidak, saya ngak punya pacar. iya sangat cinta sama skripsi saya yang wah banget ini. ih cerewet bawel gila. bukan. maaf ya adek Tralala lain kali nanya tentang tulis menulis aja ya. oke? salam sukses
admin
yang jelas lebih imut dari kamu ;p

Singkat jelas dan lanngsung keintinya. Selain itu saya jawab seadanya tiba-tiba satu email di bawahnya lagi saya baca "klik"

dari: Sampiter90@gmail.com
ke: Admin@NBC.com

min mau ngasih saran ni, kenapa kita selalu bahas yang tulis menulis serius hehe, coba sekali-kali kita kumpul kan enak. bukan cuma kumpul di gathering. terus sering-sering ngadain kultwit tentang menulis dong biar enak.
Salam
Kertas Lusuh

terus ke email yang di bawahnya lagi "klik"

dari: DhianReza@ymail.com
ke: Admin@NBC.com

min, saya tidak akan bertanya tentang tulis menulis tapi saya cuma mau memberikan saran, bisa tidak kalau kita kumpul dalam satu tempat terus kita lebih banyak sharing tentang tulis menulis oke sekian
Salam
Reza Rahardian

weh email artis ini, tapi serius sekali emailnya, tapi kok email yang saya baca ini saran semua ya? tapi sudahlah saran orang kan bisa membangun komunitas ini. Ini artinya saya mesti banyak berinovasi dengan teman-teman saya yang lain. Saya mulai membalas emailnya satu-satu dengan tak kurang tak lebih ada 29 email yang saya baca dan saya balas, dan isinya beragam. 

Hujan sudah redah menyerah, tinggallah aroma bau basah menyegarkan suasana, sementara baling-baling di belakangku aku matikan karena tidak begitu dibutuhkan lagi, dan aku menulis satu email untuk komunitas baruku Blogger cetar

to: adminBLG@cetar.com

min sering-sering update tetang blog di twitter dong, jangan cuma ngeshare postingan, misalnya bagaimana cara meningkatkan traffic, bagaimana cara ngebagusin blog, atau mungkin memang sudah hehe, maklum saya baru gabung, memang sih semua itu bisa di search di internet tapi kan kalau komunikasinya dua arah kan asyik..

sending......

Sebenarnya semakin tersitanya waktu saya menulis di blog membuat milis dan email-email tadi jadi banjir meluber, ah tampakmya saya sudah mulai sedikit malas, banyak faktor memang selain skripsi ada juga kegiatan lain yang terkadang membuat semua menjadi jenuh. Semuanya selesai waktunya. Kemudian saya tidur karena mataku sudah protes pengen di peluk kantuk.

ps: semua alamat email diatas palsu jika ada kesamaan itu merupakan kebetulasn semata hehe

@Benagustian
Novemeber Ngeblog