Monday, March 31, 2014

Review The Raid 2 : Brandal [Sinopsis]

Kematian bagiku hanya masa lalu…
Industri perfilman Indonesia boleh dikatakan beranjak memperbaiki citranya ya walaupun aprisiasi memang belum begitu besar. Tak dipungkiri kalau film-film Hollywood masih menjadi primadona di bioskop negeri ini, tapi tak dipungkiri juga langkah tertatih film lokal kadang ada yang bisa unjuk gigi, salah satunya film The Raid, yang sekarang sudah tayang sekuel yang keduanya setelah sukses besar yang diperolehnya pada tahun 2011 silam.

Di sekuel yang kedua ini The Raid 2 : Brandal, memiliki intonasi yang lebih gereget dari yang pertama, meski memiliki cerita dengan tema yang sama tapi The raid 2 menampilkan hal yang berbeda dengan pemeran-pemeran yang lebih segar dan mumpuni untuk memerankan film bergenre laga.

The reaid 2 tidak seperti film sekuel kebanyakan dimana kita harus menonton film pertamanya dulu agar tau cerita keseluruhan. Tapi The Raid 2 tanpa menonton yang pertama pun kita tidak akan kesulitan untuk memahami film ini.
Film ini dimulai dengan adegan di kebun tebu yang luas nan hijau dengan latar langit yang mendung sementara sekelompok orang menggali kubur dan seorang yang ditutupi kepalanya dibuka kemudian ditembak tepat di kepala kemudian dikubur. Orang yang ditembak di kepala ini adalah Andi (Donny Alamsyah) –kakak dari Rama di The Raid 2011. Ini merupakan lanjutan cerita dari cerita sebelumnya dimana kemenangan Rama (Iko Uwais) dalam operasi gembong narkoba di sebuah apartment kumuh di Jakarta merupakan kemenangan yang belum seberapa karena Rama dihadapkan pada kenyataan bahwa ada permainan yang lebih besar dari yang dia duga, dimana Rama harus berhadapan dengan geng-geng bisnis kotor yang memiliki cengkraman sampai pada oknum pejabat negara dan polisi yang berafiliasi. Geng yang mengancam nyawa anak dan istrinya serta dirinya. Untuk membongkar kejahatan besar ini Rama tidak punya pilihan lain kecuali melakoni misi penyamaran sebagai Yuda dan membuang semua indentitasnya. 

Dalam satu skenario misi Rama masuk dalam penjara dan bertemu dengan Ucok yang diperankan oleh Arifin Putra yang merupakan anak kepala geng Bangun yang sudah berkecimpung dan menacapkan kukunya dalam bisnis kotor selama 30 tahun.  Setelah terjadi kerusuhan dalam penjara yang melibatkan Ucok dan Rama serta geng lainya membuat Rama dipenjara selama 2 tahun bukan 3 bulan yang dijanjikan, seperti dalam misi. Singkat cerita, Rama keluar penjara dan dijemput oleh Ucok yang lebih dulu keluar penjara, dan dimulailah pertualangan Rama yang dikenal dengan nama Yuda.  bersama geng Bangun pimpinan ayah Ucok yang diperankan oleh Tio Pakusadewo.

Salah satu scane ketika Alicia beraksi di comuter line
Konflik dimulai dengan kehadiran Bejo (diperankan oleh Alex Abbad) seorang gangster muda yang berambisi untuk menguasai daerah kekuasaan yang dimiliki oleh ayah Ucok dan keluarga Goto, ambisi Bejo membuat keseimbangan dua geng ini terancam. Ditambah lagi ambisi Ucok yang tidak sabar untuk menggantikan posisi ayahnya. Sehingga dimanfaatkan oleh Bejo untuk mencapai ambisinya, singkat cerita Ucok membunuh ayahnya yang dia anggap menghalangi dirinya untuk 'naik tahta' dan menuduh ayahnya menjatuhkan harga diri gengnya Karena meminta maaf kepada geng Goto karena kerusuhan yang dia buat. Kisah dilanjutkan dengan berpihaknya Ucok kepada geng Bejo. Yang membuat tensi film semakin memuncak karena Eka yang merupakan kaki tangan Bangun tidak terima atas perlakuan Ucok terhadap bosnya sehingga terjadilah adengan kejar-kejar yang menyebakan Eka menginggal dunia dan misi pembalasan dilanjutkan oleh Rama yang menyamar sebagai Yuda. Namun perjuangan Yuda tidaklah mudah karena Bejo dikelilingi oleh orang-orang bayaran yang berani mati untuknya, ada Alicia yang diperankan oleh Julia Estelle yang dikenal dengan hummer girl dengan dua palu sebagai senjata dan The assassin sang pembunuh yang mempunyai dua senjata yang mirip celurit. Serta baseball man dengan senjata pentungan baseball yang merupakan sahabat Alicia.
Scane perkelahian di penjara
Kisah ditutup dengan terbongkarnya identitas Bejo sehingga Ucok marah besar serta ditemukannya alat sadap dalam dompet Ucok yang di pasang Rama yang membuat Ucok semakin marah besar pertarungan segit dan melelahkan membuat semua geng Bejo dapat di lumpuhkan oleh Yuda. Setelah semuanya selesai tiba-tiba datang geng Goto yang ingin menyerang geng Bejo karena mengancam daerah kekuasaan Goto yang ternyata telah dilumpuhkan oleh Yuda. Sehingga film ditutup dengan kata-kata rama yang berujar “cukup”.

Ada beberapa scane yang membuat saya angkat topi pada film ini yang pertama dalah adengan dimana terjadi kerusuhan penjara yang membuat Rama harus melakoni adegan perkelahian dalam WC dengan segerombolan orang, ini merupakan scane yang menarik dimana adegan perkelahian syuting dalam ruangan sempit, yang kedua adalah adegan dimana kerusuhan terjadi ditengah hujan dan berlumpur, adegan mematahkan leher, mematahkan kaki dan pukulan-pukulan keras yang saya pikir adalah sempurna.
salah satu scane dimana polisi yang wajahnya digoreng di penggorengan sebuah resto
Selain scane dalam penjara, scane ketika Rama menaklukkan The assassin sang pembunuh yang merupakan kaki tangan Bejo merupakan adegan yang paling menarik di film ini, dimana adegan silat serta permainan senjata karambit yang merupakan pisau kecil melengkung dimainkan dengan sempurna sehingga tidak berlebihan jika seisi biokop ketika saya menonton film ini bertepuk tangan ketika The assassin dilumpuhkan dengan sayatan pisau yang bertubi-tubi oleh senjatanya sendiri yang dilakukan oleh Rama J.

Peran Julia Estelle di film ini tidak begitu buruk karena memerankan si pembunuh berdarah dingin dan tidak bisa berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa isyarat, dengan dua buah palu Julia Estelle memerakan adengan perkelahian di Comuter Line dengan baik dan apik sementara temannya Julia Estelle si Baseball man juga berperan cukup menarik dengan senjata pentungan dan bola baseballnya membuat Hummer Girl and Baseball Man menjadi scane yang menarik juga.

Adegan kejar-kejaran mobil di jalanan yang diperankan oleh Oka Antara juga menarik dimana jarang saya temui di film-film Indonesia, dimana adegan menebak dan mengendarai mobil, serta menabrak halte TransJakarta membuat film ini Hollywood Quality J
Adengan The assassin melawan Yuda aka Rama

Adegan yang menggelikan adalah iklan smartfren di film ini dimana tablet smartfern yang digunakan Rama untuk memata-matai ucok dan si Bejo canggih beuud webcamenya heheh. Handphone yang di pake Rama juga smartfren tapi ya lumrah saja jika iklan disisipkan dalam film ini toh tidak mengurangi kualitas film ya itung-itung brand lokal bisa terlihat di luar. Kalau di film the raid preskuel tidak begitu tampak aroma Indonesianya kecuali bahasa. Di film The Raid 2 ini reog dan kuda lumping ikut unjuk gigi, TransJakarta juga mejadi pesan bahwa film ini syuting di Jakarta.

Film ini Juga memiliki tingkat kesadisan yang lumayan dimana cutter digunakan untuk menggorok orang satu persatu. Pisau untuk menyayat, palu yang ditacapkkan di kepala. Senapan yang menembak kepala sampe hancur. Membuat film ini semakin TOP. Oke sekian review dari saya semoga dapat menjadi masukan dan resensi untuk anda yang belum menonton.


Pemeran : Iko Uwais, Arifin Putra, Oka Antara, Tio Pakusadewo, Alex Abbad, Julie Estelle, Ryuhei Matsuda, Kenichi Endo, Kazuki Kitamura dll.

Sunday, March 23, 2014

Pesawat Malaysia Airlines ditemukan?

Tik tok. Assalamualaikum.

Pokonya tulisan ini saya awali dengan tik tok dan salam, ya meskipun nanti tulisan ini bernada tak jelas J sekarang hari minggu hari dimana memang aktivitas libur selibur-liburnya kalau bisa makan pun diliburkan biar hemat sehemat hemantya haha. Enaknya kalau jam-jam segini nulis apa ya? Tentang Farhat Abbas dan pasangan zinanya? Ah tak cukup menarik. Atau tentang Crimea yang bergabung dengan Russia? Terlalu berat haha. Atau Pesawat Malaysia Airlanes yang hilang. Ya kayaknya tema yang ini masih hangat walau sudah hari kesekian tak ketemu-ketemu juga, kalau nasi sudah belatungan tuh kapal terbang J apa lagi manusia mungkin kalau jatuh kelaut sudah jadi batu karang semua itu manusia atau kalau jatuh ke hutan suda pada jadi humus semua dan menjadi pupuk dalam hutan. Well ini kata-kata sangat tidak bersimpati J (maaf)

Tapi kalau menurut saya Malaysia merupakan Negara yang terlalu kebangetan nyari pesawat sampe berminggu-minggu tak ketemu-ketemu dan yang paling membuat saya ingin membully itu ya bantuannya itu loh yang sampe berita  terakhir saya tonton sudah 26 Negara yang nyari dan puluhan kapal perang dan pesawar tempur. Hello pak cik Nadjib itu mau  parade milter kayak Singapore air show apa nyari pesawat?  

Ehmm ada yang lebih aneh sekarang ya beberapa hari terakhir pesawat MH 370  seolah sudah menjadi milik Australia kenapa? Ya liat saja si Abbot koar-koar di Aussi kalau pesawat ditemukan di laut Perth berbodong-bodonglah media menyiarkan berita dari Aussi, berita yang dari KL tenggelam. lah iya Malaysia kalau ditanya apa-apa pasti bungkam. Kalau saya jadi China ni sudah saya kata-katain itu Malaysia. Padahal yang dibutuhkan mereka si keluarga korban kan Cuma kejelasan. Kalau Malaysia sudah jelas-jelas tidak mampu mencari itu pesawat ya tinggal lambaikan tangan saja ke kamera, kamera kan banyak tuh selesaikan? Hhh. Tapi iya itu resikonya Malaysia bakal ditimpukin batu bata ramai-ramai.

Menurut saya yang sudah sarjana tiga kali ini. Ada beberapa hal yang membuat Malaysia tidak mau mengakui kelemahan mereka. Yang pertama adalah Malaysia itu anti banget kalau dicap negaranya itu tidak aman,  jadi kalau sendainya Malaysia ngaku itu pesawat di bajak terus diledakkan kan jadi telajang bulat itu Negara. Masih ingat di ingatan saya ketika ada sutrada film Malaysia ngocej-ngoceh di youtube karena filmnya di cut lebih dari setengah film hanya dengan alasan filmnya mengesankan Malaysia tidak aman Karena banyak adengan tembak-tembakan hahah (eh kenapa ini jadi bahas film? Fak ya) haha. Oke itu yang pertama. Yang kedua Malaysia itu memang Negara tertutup jadi kalau borok walau sudah busuk ya pasti ditutup serapat-rapatnya jangan sampe kecium luar negara atau pendodok antarbangsa, ape pasal pak cik sikit-sikit bilang pesawat tuh di teluk Thailand, sikit-sikit lagi korang cakap kapal tuh dah di Vietnam, sikit lagi kapal korang cakap dah pusing balek kat Malaka Strait, lama sudah tuh awak cakap lagi bila kapal tuh dah di Samudra Hindia, kabar mane ni yang benar pak cik (muntah darah) huaaaha.

Baca 'hujatan' orang lain disini Badai kritik atas Malaysia

Dan yang ketiga, yang ketiga kita berspekulasi seperi orang-orang di internet. Kalau orang bilang sih hilang pesawat ini merupakan konspirasi Malay, Ausi, Amrik dan kroni-kroninya saja. Sengaja kapal itu dihilang kan dengan tuduhan ada penumpang gelap dari Iran yang dilolosan masuk agar Iranlah yang disalahkan, terus sengaja juga lama nyarinya ampe 26 negara didatangkan ini dicurigai untuk memetakan wilayah Asia Tenggara yang kaya ini. Ini terbukti bahwa tak banyak rakyat Malaysia dalam pesawat tuh melainkan orang China. Jadi untuk Indonesia berhati-hatilah denga berlalu-lalangnya kapal kapal asing di dekat negeri ini siapa tau ada niat jahat dari Amrik. Ya walaupun Indonesia di mata Amrik dan Ausi sudah telanjang bulat (oh tidak ini kalimat-kalimat durjana) lihat saja permintaan Malaysia agar memberikan data satelit kepada mereka dengan dalih untuk melacak pesawat tersebut.

Oke mungkin paragraf diatas bernada fintnah, eh tapi kira-kira itu pesawat kemana ya? Kalau ditanya sama dukun Malaysia yang dalam prakteknya menggunakan buah kelapa dia menjawab bahwa pesawat itu di alam ghaib, hello atuk pandai kali awak cakap. Tanya mbah-mbah dukun di Indonesia yang punya penerawangan. (efek belum makan ngelantur makin menjadi)

Oke semoga pesawatnya telah ditemukan dan semua penumpang pesawat selamat dunia akhirat kayaknya kalo dunia uda modar semua tuh oke selamat di akhirat saja buat mereka. Buat keluarga yang ditinggkalkan minta ganti rugi setinggi-tingginya ke Malaysia setinggi menara petronasnya atau uda timpukin aje pake bata jangan dikasih cendol hahah

Eh sebentar kalau saya mau nembak keyword Pesawat Malaysia airlines telah ditemukan boleh ya? Atau Pesawat MH370 ditemukan boleh juga kali ya. Malaysia airlines ditemukan hayo ditemukan. Pesawat MH370 ditemukan boleh juga

Salam



Friday, March 7, 2014

Cughup Embun Pagaralam

Pagaralam mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga bumi Sriwijaya, namun saya yakin orang yang tinggal di Timor Leste sana tidak akan mengenal Pagaralam J. Jangankan  Timor Leste orang yang tinggal di Manado belum tentu kenal dengan Pagaralam.  Maka dari itulah saya akan menulis sedikit tentang Pagaralam ya sedikit saja biar orang penasaran sama si Pagaralam.
Tidak kenal Pagaralam sih wajar saja, karena Pagaralam bukan Kota metropolitan sekelas New York atau Rio J jadi apa istimewahnya Pagaralam? Saya tak tau :p haha. Pagaralam merupakan sebuah kota madya di Sumatera Selatan. Kota ini terletak di sebelah selatan kota Palembang dan berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu, Pagaralam dapat ditempuh dengan jalan darat realnya sekitar delapan jam perjalanan dari Palembang. Jalan darat merupakan jalan satu-satunya untuk menuju kota ini karena walaupun punya bandara kita belum dapat mendatangi kota ini dengan menggunakan pesawat karena belum adanya maskapai yang melayani penerbangan ke sana, sementara lewat laut ya memang tidak bisa karena mana ada pelayaran dengan tujuan pegunungan haha secara Pagaralam itu berada di kaki Gunung Dempo dan tepat di jalur bukit barisan.

Pagaralam terkenal sebagai daerah penghasil kopi (Kupi dalam bahasa besema) dan pemasok sayur mayur serta Teh gunung dempo. Selain pengasil ketiga komoditi tersebut pagaralam merupakan daerah tujuan wisata di Sumatera Selatan. Dengan bentang alam yang bergunug dan berbukit serta cuaca yang dingin pagaralam memiliki banyak tempat wisata.


Tempat wisata di Pagaralam itu tidak cuma wisata alam tapi juga wisata sejarah karena pagaralam juga terkenal dengan peninggalan prasejarahnya seperti menhir dan kubur batu archa kuno dll, tapi di postingan kali ini saya tidak akan membahas mereka satu persatu J dalam postingan kali ini saya Cuma mau bercerita tentang wisata alam di Pagaralam yaitu wisata air terjun yang penduduk setempat atau penduduk pagaralam menyebutnya dengan Cughup (pake a'in), pagaralam punya begitu banyak air terjun diantaranya Cughup Mangkok, Cughup Embun, Lematang Indah dll. Dan dalam postingan ini saya juga tidak akan membahas mereka satu-satu tapi cuma Cughup Embun.

Oke topik pembicaraan sudah mengerucut ke pembahsan Cughup Embun, Cughup Embun atau air terjun Cughup embun masih dalam satu kawasan wisata gunung dempo jadi jika ingin berkunjung ke air terjun ini sangat di sarankan untuk menginap di villa gunung dempo. Air terjun ini bisa ditempu dalam waktu 10-15 menit dari pusat kota Pagaralam dan beberapa menit dari villa gunugn dempo bila anda menginap disana. Tidak ada angkutan umum untuk menuju tempat ini oleh karena itu disarankan menyewa kendaraan atau membawa kendaraan sendiri kalau tidak ya jalan kaki J biaya masuk kesini Rp 5000/mobil dan Rp 2.500/orang.

Cughup embun merupakan air terjun yang airnya memang sejernih embun J dan air yang jatuh dari atas tebing membentuk embun-embun menyejukkan (penggambarannya lebai J) disini kita juga bisa mandi di bawah air terjun tanpa takut tenggelam atau hanyut. Dengan suhu air yang kurang lebih 160C menjadikan perjalanan menuruni tebing untuk menuju kesini terbayar sudah J. Pokoknya keren dan recommendedlah air terjun yang satu ini. Kalau anda berkunjung ke Pagaralam jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi dan mandi di air terjun ini.

Sekian postingan yang tidak jelas ini semoga bermanfaat [ending tulisan yang dipaksa selesai] haha

Transportasi : Disarankan bawa kendaraan sendiri
Tempat nginap: Villa Pemda Lahat Rp 160.000/malam
Makan : Villa menjual makanan, tapi lebih enak membawa persediaan sendiri 

Sunday, March 2, 2014

Kemiskinan adalah asset

waw asetnya gede tuh durian runtuh macam atok ipin cakap sadap sangatlah durian tuh :p
Mungkin banyak orang yang tidak setuju dengan judul di atas yang mengatakan bahwa kemiskinan adalah asset, tapi ini merupakan ‘teori’ yang saya dapat dari seorang professor yang gelar profesornya tidak dia tempuh dari bangku sekolah tapi dari ruang kelas kerasnya hidup sebagai penduduk sebuah kelurahan –walaupun sebenarnya kelurahan tempat ia tinggal belum pantas disebut kelurahan –sebut saja namanya bapak Jono. Teori ini saya dengar dari mulutnya ketika beliau menemani kami mengantar cek fisik sebuah proyek yang kami audit.
Maaf ya bukan maksud saya mejelekkan orang di gambar, tapi mugkin beginilah kira-kira yang dipikir pak Jono, berebut aset kan mereka :D
Selalu ada pembenaran dalam setiap alasan, begitu juga dengan bapak Jono dia punya pendapat sendiri tentang teorinya. Ya kalau dilihat dari kaca mata orang-orang terpelajar apa lagi ahli ekonomi tak akan pernah setuju dengan pernyataannya. Apa lagi saya yang selama empat tahun duduk di bangku kuliah di jurusan yang setiap semester pasti bertemu dengan namanya asset. Awalnya ya awalnya saya tidak begitu peduli dengan ocehan bapak Jono karena menurut saya itu adalah pembicaraan untuk mencairkan suasana. Tapi sampai pada suatu penjelasan dia saya semakin tertarik dengan ocehan si bapak, apa yang membuat saya sedikit terhentak adalah “ya kita rakyat yang miskin adalah asset, asset bagi mereka yang berkuasa” oh jadi itu maksud pak Jono ya menurut pak Jono kemiskinan akan tetap dipelihara bagi yang berkuasa karena itu adalah asset yang akan tetap menjadi tambang emas bagi mereka. Karena setiap dana yang terkucur ke rakyat miskin akan menjadi santapan empuk bagi peguasa, singkatnya pak Jono ini mau bilang bahwa kemiskinan mereka hanya akan menjadi alat bagi para koruptor untuk semakin rakus ‘makan minum’ dalam kegetiran mereka.

nak pegi mane pak cik 'kandang' korang sudah rapi ke?
Sedikit masuk akal sih iya, tapi melihat cerita pak Jono mungkin ada benarnya atau malah benar sama sekali entahlah. Pernah sih terlihat ketika subuh buta menjelang PILKADAL (pilihan kepala daerah langsung) dan PEMILU berseliweran Jilbab dan BH masuk rumah-rumah tua di ujung desa, tengah desa, sudah sebut saja seluruh desa, beserta uang haram bergambar I Gusti Ngurah Rai. Ya masyarakat miskin nan bodoh disuap. Ya masyarakat miskin semakin dibodohi, kemiskinan mereka menjelma menjadi asset untuk membuat keranda menuju ‘kadang hewan’ yang kita sebut DPR/D (Dewan Perwakilan Rampok/Daerah) J

Asetkah kemiskinan itu? Jawabannya bukan, kalau menurut Teori Akuntansi, tapi menjadi iya menurut pak Jono. Tapi dalam hidup pak Jono memang antara teori dan realita sungguh berbeda, apa lagi pak Jono memang tidak pernah tau apa itu Akuntansi ya palingan pak Jono taunya Tata Buku bukan Akuntansi.
No comment
Sudah kita tidak perlu serius menanggapi celotehan pak Jono, simpel saja kita masih bisa merubah pandangan pak Jono dengan ikut pemilu (kalau mau) ya semoga saja dengan kita memilih orang-orang tepat untuk ‘bergelatungan’ di Senayan dan ‘DPRD’ ya semoga saja kita memilih anggota d(H)ewan yang tepat yang tidak riuh gemuruh ribut ketika rapat besar di ‘ragunan’ itu berlangsung. Ingat!! 9 april 2014 kita pemilihan anggota d(H)ewan daerah dan pusat serta DPD (Dewan perwakilan Daerah –daerah mana?) hahah semoga yang terpilih singa atau macan ye bukan keledai atau monyet atau babon (badak kebon) seperti yang di gambar haha

Note : maaf tulisannya ngelantur J sebab maklum blognya baru bangun dari koma setelah satu bulan stroke J