Friday, March 7, 2014

Cughup Embun Pagaralam

Pagaralam mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga bumi Sriwijaya, namun saya yakin orang yang tinggal di Timor Leste sana tidak akan mengenal Pagaralam J. Jangankan  Timor Leste orang yang tinggal di Manado belum tentu kenal dengan Pagaralam.  Maka dari itulah saya akan menulis sedikit tentang Pagaralam ya sedikit saja biar orang penasaran sama si Pagaralam.
Tidak kenal Pagaralam sih wajar saja, karena Pagaralam bukan Kota metropolitan sekelas New York atau Rio J jadi apa istimewahnya Pagaralam? Saya tak tau :p haha. Pagaralam merupakan sebuah kota madya di Sumatera Selatan. Kota ini terletak di sebelah selatan kota Palembang dan berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu, Pagaralam dapat ditempuh dengan jalan darat realnya sekitar delapan jam perjalanan dari Palembang. Jalan darat merupakan jalan satu-satunya untuk menuju kota ini karena walaupun punya bandara kita belum dapat mendatangi kota ini dengan menggunakan pesawat karena belum adanya maskapai yang melayani penerbangan ke sana, sementara lewat laut ya memang tidak bisa karena mana ada pelayaran dengan tujuan pegunungan haha secara Pagaralam itu berada di kaki Gunung Dempo dan tepat di jalur bukit barisan.

Pagaralam terkenal sebagai daerah penghasil kopi (Kupi dalam bahasa besema) dan pemasok sayur mayur serta Teh gunung dempo. Selain pengasil ketiga komoditi tersebut pagaralam merupakan daerah tujuan wisata di Sumatera Selatan. Dengan bentang alam yang bergunug dan berbukit serta cuaca yang dingin pagaralam memiliki banyak tempat wisata.


Tempat wisata di Pagaralam itu tidak cuma wisata alam tapi juga wisata sejarah karena pagaralam juga terkenal dengan peninggalan prasejarahnya seperti menhir dan kubur batu archa kuno dll, tapi di postingan kali ini saya tidak akan membahas mereka satu persatu J dalam postingan kali ini saya Cuma mau bercerita tentang wisata alam di Pagaralam yaitu wisata air terjun yang penduduk setempat atau penduduk pagaralam menyebutnya dengan Cughup (pake a'in), pagaralam punya begitu banyak air terjun diantaranya Cughup Mangkok, Cughup Embun, Lematang Indah dll. Dan dalam postingan ini saya juga tidak akan membahas mereka satu-satu tapi cuma Cughup Embun.

Oke topik pembicaraan sudah mengerucut ke pembahsan Cughup Embun, Cughup Embun atau air terjun Cughup embun masih dalam satu kawasan wisata gunung dempo jadi jika ingin berkunjung ke air terjun ini sangat di sarankan untuk menginap di villa gunung dempo. Air terjun ini bisa ditempu dalam waktu 10-15 menit dari pusat kota Pagaralam dan beberapa menit dari villa gunugn dempo bila anda menginap disana. Tidak ada angkutan umum untuk menuju tempat ini oleh karena itu disarankan menyewa kendaraan atau membawa kendaraan sendiri kalau tidak ya jalan kaki J biaya masuk kesini Rp 5000/mobil dan Rp 2.500/orang.

Cughup embun merupakan air terjun yang airnya memang sejernih embun J dan air yang jatuh dari atas tebing membentuk embun-embun menyejukkan (penggambarannya lebai J) disini kita juga bisa mandi di bawah air terjun tanpa takut tenggelam atau hanyut. Dengan suhu air yang kurang lebih 160C menjadikan perjalanan menuruni tebing untuk menuju kesini terbayar sudah J. Pokoknya keren dan recommendedlah air terjun yang satu ini. Kalau anda berkunjung ke Pagaralam jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi dan mandi di air terjun ini.

Sekian postingan yang tidak jelas ini semoga bermanfaat [ending tulisan yang dipaksa selesai] haha

Transportasi : Disarankan bawa kendaraan sendiri
Tempat nginap: Villa Pemda Lahat Rp 160.000/malam
Makan : Villa menjual makanan, tapi lebih enak membawa persediaan sendiri 

13 comments :

  1. lumayan murah yah :3 belom pernah kesana nih >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu kamar 160.000 bisa berdua. kalo ke PGA ngak cuma air terjun loh bisa ke kebun teh, kebun salak, gunung gare, chugup mangkok, arung jeram dll

      Delete
  2. Wuih.. pemandangannya men!!
    Bikin mataku “hijau”.. ngga bisa kedipkan mata..
    Keren banget!!

    Mas Bro!! Sudah kerja ya? Foto profilnya lagi nunjukin apaan tuh, kertas keterimakerjaan ya.. kayaknya kerja kantoran gitu.. pakai dasi.. keren lah..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih.
      Itu poto waktu kuliah ketika proposal skripsi saya diterima setelah diacak-acak oleh dosen penguji, Jadi itu kertas penilaian bahwa proposal saya diterima dan penelitian bisa dilanjutkan.

      Delete
  3. Dan setelah membaca postingan ini, seketika pengen banget pergi ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya sekalian ambil paket rafting biar seru :)

      Delete
  4. Kalau di Cirebon, ada yang disebut Pagar Gunung..

    ReplyDelete
  5. itu air terjun keren banget. maksa biar bnyak yang ngunjungin :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan di paksa, kalau bisa orang sekampung ajaklah kesini haha

      Delete
  6. Bro ben,, maaf mau nanya nih,,

    Ada telpon yg bisa di hubungin gak di villa pemda itu ??

    Trimakasih

    ReplyDelete
  7. Bro ben,, maaf mau nanya nih,,

    Ada telpon yg bisa di hubungin gak di villa pemda itu ??

    Trimakasih

    ReplyDelete
  8. Bro ben,, maaf mau nanya nih,,

    Ada telpon yg bisa di hubungin gak di villa pemda itu ??

    Trimakasih

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal