Sederhana dan bermakna

Ujian tulis SNMPTN 2013 ditiadakan!!

News- setidaknya Portal yang membuat ribuan calon mahasiswa jantungan dan dek-dekan seperti di atas tidak akan menjadi mimik yang menegangkan lagi, karena SNMPTN ujian tulis akan dihapuskan mulai tahun 2013 setidaknya itulah yang saya baca dari media online hari ini. silakan baca disini.  ya pemerintah akan mengapuskan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui ujian tulis SNMPTN dan akan diganti dengan jalur undangan dengan menggunakan nilai raport ujian nasional (UN) sebagai acuan.

Nah, menurut saya kebijakan ini terksesan prematur dan belum saatnya, mengingat masih amburadulnya sistem UN dan tidak terjaminnya nilai dari ujian nasional itu, dengan patokan nilai ini maka akan mencipatakan kecurangan-kecurangan yang lebih sadis dari sebelumnya. kok bisa? ya bisalah orang juga sanggup sogok-sogokan masuk sebuah universitas apa lagi dengan sistem yang seperti ini tentu akan mencipatakan bentuk kecurangan baru. Tapi, entah juga kalau pemerintah punya cara jitu untuk meminimalisir hal ini.

Rentannya ada kecurangan baru ini maka menurut saya yang perlu dibenahi  itu adalah sistemya bukan malah mengganti sistemnya. Merubah sistem itu bukan pekara gampang. Membangun sistem itu rumit, maka dari itu membenahi sistem lama itu yang cocok untuk saat ini, mengingat sistem lama masih buruk itulah yang menyebabkan kelihatan tidak efisien yang seperti pemerintah katakan.

eh satu lagi, tentang kebijakan pemerintah 'mengapus' mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar. ini juga merupakan kebijakan prematur dan cenderung dipaksakan. kenapa? bagaimana tidak ini terlihat seperti program atau kebijakan tak berguna hanya berdalih supaya beban anak menjadi lebih ringan. Saya juga sempat berpikir ini pemerintah khususnya  kementerian pendidikan tidak punya kerjaan lain apa, sehingga hal-hal yang seperti ini perlu dilakukan. yah walaupun yang bicara tentang program ini Prof dan Dr hebat, saya masih tidak begitu salut hehe.bukankah kalau beban itu berat bukan berarti 'meniadakan' saya juga belum membuka situs uji publik tentang kebijkan ini. Namun saya masih berpadangan ini merupakan kebijakan yang dipaksakan dan prematur (yaelah bahasanya)

Baik kebijkan SNMPTN maupun kebijakan IPA IPS itu, menurut saya tetap akan menjadi useless selama gonta-ganti sistem dan kebijakan ini tidak dibarengi pembenahan sistem. Taulah kita sistem pendidikan kita yang cetar ini masih jauh dibandingkan dengan negara lain yang sepadan dengan Indonesia.

Sekian tulisan saya dan SELAMAT untuk calon Mahasiswa 2013 anda terpilih menjadi kelinci percobaan hehe dan semoga percobaannya berhasil dan tidak menjadi produk gagal. Sambut optimis untuk INDONESIA

@Benagustian
seorang siswa
0 Komentar untuk "Ujian tulis SNMPTN 2013 ditiadakan!!"

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top