Sederhana dan bermakna

Debat Kusir

Sumber gambar  http://bangaziem.files.wordpress.com/2010/06/debat.gif
Assalamualaikum...
Dalam postingan bulan Desember kali ini saya akan bercerita dengan cara sederhana tentang debat, tenang tidak membosankan Insyaallah karena saya tidak akan menggunakan ayat alquran atau pun hadis (mungkin) hehe. ya semua orang pasti pernah berdebat, sampai urat leher menjadi otot yang keras yang makin lama menjalar kehati dan hatipun menjadi keras. paham kan maksud saya? yah kebanyakan dari kita begitu larut dengan debat-debat yang sebenarnya tidak begitu penting namun karena akal dan ego kita yang ingin menang dan ingin menunjukkan "siapa saya" debat menjadi kusir lho? yah maksudnya ya debat kusir (debat yang tak tau ujung pangkalnya)
Sebanarnya Inspirasi saya menulis ini dilatarbelakangi oleh salah satu twit saya beberapa hari yang lalu. ya saya menulis twit seperti itu bukan tanpa alasan, saya merupakan tipe orang yang tidak begitu menyukai perdebatan, karena menurut saya pintar tidaknya orang, menang tidaknya seorang bukan dilihat dari cara dia berdebat. terlebih jika yang didebatkan adalah hal-hal yang tidak penting tapi malah emosi menjadi point utama yang dibawa.

saya juga heran dengan masih banyaknya orang yang cuma bisa berdebat sementara apa yang ia pertahankan sebenarnya ya memang tidak begitu penting, dan ia bangga akan hal yang ia anggap telah ia pertahankan. Saya merasa wajar jika semua permasalahan tidak pernah selesai dalam hal apapun kini, karena tipe pendebat ulung masih ada disekitar kita.

taulah kita bahwa berdebat tak akan pernah ada solusi karena yang dikedepankan hanyalah akal dan sedikit sekali hati atau nurani bermain. ada muatan nafsu untuk merasa menang disitu. masih banyak cara yang lebih elegan untuk berargumen tanpa harus berdebat. karena berdebat tak akan membawa kita pada satu titik temu. 

membahas maslah perdebatan ini mengingatkan saya akan wasiat Hasan Albana yang salah satu wasiatnya adalah tentang perdebatan yaitu ''jangan memperbanyak perdebatan dalam hal apapun karena perdebatan tidak akan mendatangkan lebaikan"
untuk wasiat hasan Albana lain silakan baca >> disini <<

Demikian tulisan pendek saya ini semoga bermanfaat. dan untuk pendebat pendebat ulung semoga itensitasnya berkurang, karena dari cara kita berdebat akan tahu bahwa sifat kita ingin menang dan berasa paling benar. wassalam

@BENAGUSTIAN
seorang anak, seorang kakak, seorang sahabat
0 Komentar untuk "Debat Kusir"

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top