Tuesday, November 13, 2012

Bahasa Indonesia : Cerita Ganjil

"Aku cinta bahasa indonesia" eh serius? beneran? 
Apa yang terpikir kalau mendengar kata ganjil? ah pasti ada yang terpikir "ya tidak genap sob" =,= hadeh ya kalau cerita tentang ganjil kebanyakan dari kita melihatnya sebagai bilangan. Tapi beda cerita kalau kita bilang "keganjilan" misal ada kalimat ini "saya telah merasa ada keganjilan dalam rumah tua itu" apakah ini kalimat bercerita tentang tidak genap?

Baiklah dalam tulisan ini, saya mencoba menghubungkan dengan judul diatas heheh. Kenapa? karena saya nulis tulisan ini menulis judul dulu baru memikirkan isi. padahal biasanya saya membuat tulisan dulu baru nentuin judul. hehe. gimana ganjil kan?

bagian pertama saya akan mecoba berbicara tentang arti kata ganjil. Kita tahu kan dalam Bahasa Indonesia itu banyak sekali kata  yang memilki dua arti. Sama seperti Bahasa Inggris yang satu kata bisa memilki beberapa makna. Terkadang beda konteks pemakaian kalimat juga berbeda artinya. Begitu pula halnya dengan kata dalam Bahasa Indonesia.Kata dalam Bahasa Indonesia yang memilki dua arti ini ya kata Ganjil ini..

Baiklah, kata ganjil punya dua makna, makna pertama yaitu menyangkut bilangan yang artinya gasal atau tidak genap. Sedangkan arti yang satunya lagi itu menyangkut hal yang tidak biasa, aneh ataupun ajaib.

1. Ganjil yang menyangkut angka yaitu gasal, tidak genap.
Saya penasaran dengan arti kata ini sehingga saya membuka kamus offline Bahasa Indonesia saya. Yah jarang-jarang juga kan membuka kamus bahasa nasional sendiri. Jadi sekalian nambah pengetahuanlah mengenai arti kata ganjil. dalam kamus ini sendiri saya menemukan arti kata ganjil yang pertama itu mengenai angka yang artinya gasal atau tidak genap. *tingg paham??

2. Ganjil dalam arti kata hal yang tidak biasa.
ya arti kata yang kedua ini mengenai hal yang tidak sebagaimana baisa, aneh, ajaib. Saya menjadi senyum-senyum sendiri ketika berpikir bagaimana ya kalau arti kata bertukar, misalnya seperti ini " Mahasiswa semester ganjil" jadi kalau artinya bertukar jadi mahasiswa yang tidak sebagaimana biasanya. hehe ya setidaknya dengan membuka kamus ini kita tau artinya dari Bahasa Indonesia itu. Saya yakin orang Indonesia kebanyakan jarang membuka kamus Bahasa Indonesia ini termasuk saya hehe. Jadi kalau begitu adanya wajar kalau bahasa slang bertaburan mewarnai hari-hari kita.

bicara tentang tata bahasa, saya jadi aneh kalau menonton film yang diisi suaranya dengan bahasa Indonesia (dubbing), anehnya itu di telinga kenapa? soalnya dalam keseharian saya atau pun anda banyak diisi dengan mendengar bahasa yang tidak formal seperti bahasa ibu (daerah) atau bahasa gaul yang lo dan gue hehe. ya kalau menonton film yang di dubbing itu rasanya kaku dan terlalu formal padahal itu kan bagus untuk melatih bahasa kita. ah sudahlah yang penting jangan sampai bahasa kita hilang ya tidak?

nah itu cerita ganjil kita malam ini. Bagaimana dengan cerita ganjilmu?

@Benagustian

5 comments :

  1. ganjil itu, sesuatu yg tidak genap atau aneh, yah seperti punya bahasa nasional sendiri tapi gak pernah ato jarang buka kamus bahasa nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gentayangan terus si agan :D
      iya saya juga terakhir buka KBBI ketika masih SMA waktu mau buat karya tulis haha,,

      Delete
  2. Bagus. Sering-sering buka KBBI, ya, biar perbendaharaan katanya bertambah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, heheh
      jangan sampai ya min lupa cara memakai bahasa Indonesia
      jadi cinca laura semua nanti,, :D

      Delete

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal