Monday, November 12, 2012

Empat Tips Sederhana Untuk Sehat

"Ingat lima perkara
sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati"- 
Demi Masa -Raihan
Sehat sebelum sakit, ya. Sehat sebelum sakit, adalah ia perkara yang patutlah kite ingat sebab harge sihat tak sepadan dengan ape pon, benarke? adakah awak tak faham maksud kate-kate ni?.Ah lupakan!! Jadi kayak blog Malaysia aje ni. Oke hari ini kita akan bercerita sedikit yang sederhana dan bermakna yakni masalah kesehatan. Kalau bicara kesehatan hampir semua orang kepengen sehat. Baik jasmani dan roahani tak terkecuali, atau ada yang tak senang dengan nikmat sehatnya? atau malah sebalikny sekarang malah ada yang menikmanti masa-masa sakit jiwanya? ngaklah tidak ada yang enak dengan sakit bukan?.

Nah sekarang zaman yang serba instan, apapun pengen istan makan pun suka yang instan . Betul? ya saya atau mungkin juga kalian tidak begitu peduli dengan kesehatan jika badan kita masih sehat. Tapi coba kalau kita jatuh sakit. Baru sadarkan bahwa kesehatan itu berharga. Seperti kata-kata orang kita akan benar-benar merasa memiliki setelah merasakan kehilangan. So?? apa hubungannya? hubungannya positif heheh kita akan merasa kesehatan berharga ketika dia hilang dari diri kita. Nah bagi yang kesehatan sempat hilang adakah cara untuk membawanya kembali? tentulah ade pak cik. Banyak macam care. hehe

Tapi, sebelum kesehatan pergi dari kita ada baiknya menjaganya biar dia tak pergi, heheh. Saya punya tips ini untuk bagaimana cara menjaga kesehatan dan biar dia tetap betah berada disamping kita, kenapa? karena kesehatan  lebih berharga dari pada pacar, pacar pergi cari kembali hehe (kata orang), coba kalau kesehatan pergi? boro-boro cari kembali badan lemas bergelut dengan sakit juga. Coba kalau sakitnya ngak mau pergi dan tetap mau jadi pacar kita. kan repot!

Tips menjaga kesehatan ala saya itu sangat muda, dan belum teruji di dokter ahli gizi hehe. Apalagi  anak kos yang namanya pola makan itu bisa dikatakan susah ngaturnya kadang makan siang jam 3 kadang jam 11. Belum lagi makan malam kadang ngak makan (kasian =,=). Kadang makan siang sekalian makan malam (parah gila -,-). Tapi alhamdulillah yah cara saya menyikapinya ternyata mujarab. Saya selama kuliah jarang sakit selama 3 tahun ini setidaknya.. Malah teman saya banyak yang kena sakit kuning, diare berkali-kali. dl. Diare?? eh saya pernah sekali kena gara-gara minum susu. hoho

aeh dari tadi curcol mulu, kapan bagi tips-nya ya hehe ini tips mejaga kesehatan ala saya:

1. Minum Air Putih
Gambar dari gayasehatmu.blogspot.com
Ya minum air putih jangan minum air comberan hahah, nanti sakit. semua orang pasti tau kalau minum air putih baik untuk kesehatan, ya saya biasaya minum air putih itu sesering mungkin. kenapa? kata dokter di internet baik untuk metabolisme. Nah bagaimana cara biar minum air putihnya banyak? kalau saya cukup gampang kalau makan di kantin kampus usahan minum dua gelas air putih atau kalau kuat tiga gelas juga ngak apa. asal perutnya kuat nampung air. (gentong kalee). Jadi usahakan minum sebanyak mungkin sesudah makan. Saya juga punya teman yang kalau minum air putih itu kayaknya susah bener, sampe sempat bilang "saya itu mau minum kalau ada rasa-rasanya" haha cowok kok minum rasa-rasa :D. Ada juga kakak tingkat saya yang beberapa bulan lalu mampir ke kos cerita tentang penyakit kristal di kadung kemihnya. Dia bercerita kata dokternya dia itu malas minum air putih dan memang bener si kakak tingkat saya ini dulu kalau sudah makan pasti minum-minum yang kayak frestea. green tea, dll pokoknya yang berasa-lah alhasil setelah umurnya 24 kena penyakit kek begituan. Ngeri kan? apa lagi anjuran dokter untuk dia adalah mesti minum air minimal 3 liter/hari baru tau rasakan?.

2. Usahakan dalam sehari harus makan nasi
Gambar dari dunia.news.viva.co.id
Ini tips yang kudu mesti dilaksanain. Kenapa? karena tubuh kita butuh karbohidrat dan zat gula. Ibu saya juga kalau nelpon saya pasti bilang jangan lupa makan nasi minimal sehari sekali, selebihnya makan batu boleh kali ya haha. saya juga punya teman juga yang ngak begitu suka makan nasi semenjak ngekos, dia suka makan bakso, mie instan, dan cemilan-cemilan yang lain, alhasillll taraaaaaaa. Dia kena sakit kuning atau hepatitis karena kurang zat gula, ngak tau tentang penyakit hapatitis? search di google, saya juga lupa dia kemaren kena yang tipe A,B, C atau D atau apalah hehe. Kata dokter juga kandungan glukosa di nasi itu membantu memenuhi zat gula tubuh kita, kita tau kan Hepatitis itu kurang zat gula (ini bener ngak ya? bener kayaknya). nah jadi jangan lupa makan nasi ya? tentunya pakai sayur dan lauk juga guys masa makan nasi doang haha

3.Olaraga
Sumber gamabar dari plus-xamthone.blogspot.com
Teman saya pasti ngakak kalau saya nyaranin olaraga, pasti mereka pada nyeletuk "emang kapan situ olaraga?" ya saya memang  jarang olaraga, tapi jangan salah ya saya jalan kaki setiap pergi ke dan pulang dari kampus. Ya olaraga jalan kaki bagus untuk kesehatan kita, jadi bagi yang rumahnya jauh dari kampus mulai besok jalan kaki aja (kalo mau). Kalau saya cukup lumayanlah jalan kakinya untuk sekedar bakar kalori haha. Malah teman saya juga ada yang bilang "wajar dak gemuk, tiap hari kalori di bakar oleh kau jalan" haha iya juga kali. Tapi bagi kamu yang suka olaraga bagus itu, usahakan sesering mungkin.

4. Usahakan tidur jangan lewat dari jam 11 malam.
Sumber Gambar http://bountylist.deviantart.com/art/Begadang-jangan-Begadang-143650592
Saya atau juga anda mungkin pernah begadang sampe larut malam, tapi jangan keseringan kalau tiada artinya (Rhoma uyy). ya saya pernah baca di salah satu postingan di kaskus, ada seorang dokter penyakit dalam meninggal dunia di umur 32 tahun (ya samaan masih muda). Iya setelah diteliti kematian taraaaa, hatinya si dokter sudah 90% mengeras dan itu artinya dia mengalami kerusakan hati. Setalah dilakukan penelitian ternyata hati mempunyai siklus sendiri untuk bekerja. Saya kurang paham gimana kerjanya. Tapi yang jelas malam hari pk 11 - dini hari pukul 01 saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. Makanya jangan keseringan begadang karena akan merusak kinerja hati. Untuk membaca artikel masalah hati dan hubungan dengan begadang silakan di searching di google ^,^ atau bisa dibaca >> disini << 

Sebenarnya bukan hanya masalah hati yang terganggu, kalau tidurnya telat pasti badan tidak fit itu pasti, ya kalau pagi-pagi sudah mandi sih seger tapi kalau malamnya begadang yakin saya jam 09 pagi sudah nguap-nguap kayak anak burung lapar kita hehe. oh ya selain jangan bergadang jangan lupa buang air besar di bawah jam 09 dan jangan lupa sarapan juga.

Jangan sampe juga punya prinsp kayak bapak ini heheh
Sumber gambar yeahmahasiswa.com
Nah saya rasa itu saja tips sederhana dari saya, sebenarnya masih bayak poin-poin yang mesti ditulis, tapi taulah dengan saya yang blogger amatiran suka getting stuck dalam nulis hehe. Jadi lain kesempatan kalau sempat saya tambahin..
itu tips dari saya bagaimana dengan anda??

@Benagustian

2 comments :

  1. gambarnya cukup membuat saya senyum senyum sendiri.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga tadi ketika nemu gambar ini junga senyum, tapi saya tidak sendiri heheh teman saya juga senyum soalnya :D terimakasih kunjungannya gan :D

      Delete

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal