Thursday, September 27, 2012

Harapan Untuk Raksasa Cahaya


PT PLN (Persero) sumber gambar disini
Raksasa Cahaya

Raksasa cahaya bicara tentang mega yang mendunia.
ujung negeriku ingin dicapai oleh tangan besinya.
menyibak gelap dalam dunia, menyimpan asa yang menggelora
engkau adalah pelita negeri, terangmu harapan, kelammu jadi cacian.
heii engkau penguasa cahaya, mengkilat disetiap sudut kota tapi tak berdaya 
di kampung berlilin tua.

Engkaulah harapan-harapan dikala malam membawa cerita gelap
ketika matahari pergi menuntut kau untuk berbuat
jiwa tubuhmulah menjadi penentu, apakah engkau si cahaya pemberi cahaya
atau hanya raksasa monopoli meggerogot jeritan-jeritan gelap disetiap lorong pura pura 
malam.

Nadimu menyibak cahaya, tanganmu kekar berkuasa, dan tubuhmu bermandikan cahaya
kepadamulah setiap bulir putih mesti ditanamkan untuk sebuah kekuasaan cahaya yang diidamkan..
Indaralaya, 26 Sepetember 2012
Gubrakkkk kenapa jadi sok puitis gitu ya haha, maklum saya adalah penulis amatir jadi kalo ada tema dikit pasti mikirnya tentang kata-kata melow nan puitis #cakelahh. oke sekarang anak kemaren sore ini mau nulis sedikit tentang PLN yang sebelumnya saya gambarkan dengan raksasa cahaya. kenapa?? karena kita tau sendiri kan BUMN satu ini  adalah salah satu perusahaan monopoli milik pemerintah yang bergelut dalam energi listrik yang tentunya kalo denger kata PLN pasti kita semua mikir lampu, walaupun sebenarnya listrik tidak juga identik dengan lampu haha bisa alat-alat pabrik juga kok :D

sekarang saya tidak akan megkritisi tentang kinerja PLN. kenapa? karena temanya bukan itu heheh, terus saya juga bukan pemerhati per-PLN-an, oke sekarang saya akan bicara aja tentang harapan-harapan yang tentunya sangat mendesak dan saya prihatin (pak BY banget ni).

heii kita pasti pernah atau hampir setiap orang di negeri ini mengeluh tentang  pelayanan PLN, ingat hampir ya, walau saya tidak punya data yang persis hehe. mulai dari seringnya pemadaman listrik bergilir, dan sekarng diganti dengan penyalaan yang bergilir hehe (katanya ngak mau megkritisi). terutama ni di gang kos saya  yang listriknya itu ngak kuat nyalain satu mesin air saja. bayangkan!! tiap malam bro! air kagak ade (curhat).

jadi harapan saya tidak banyak tapi mungkin nanti ditambah lagi harapanmya. kenapa?? saya takut dikecewaain kalo terlalu banyak menaruh harapan! secara saya kapok booo (sekong deh). nah terutama adalah sbb:

1. Pertama masalah kekurangana daya dari PLN, please ya PLN bisa ngak sih dayanya ditambah biar ngak ajip-ajip listrinya kayak diskotik hehe, sumpah ya kalo di tempat saya di Indralaya gang kos saya dekat dengan pembangkit listrik tapi gang saya listriknya kurang daya, ngak tau ya kalo di tempat laen mungkin uda agak baikan listriknya. tapi kalo sering baca sih di Indonesia timur sama pulau Kalimantan listriknya juga kayak gitu, jadi itu satu ya kalo bisa jangan sampai kurang daya.

2. Tarif. kalian pasti tau arah pembicaraan kalo bicara soal tarif, iye mahall (kata orang) saya jarang bayar listrik soalnya. apalagi itu apa itu wancana kenaikan tarif itu. wew pasti banyak yang menjerit tu. tapi leganya katanya akan disesuaikan dengan tingkat ekonomi. Yah legalah kalo giru, tapi yah harapannya jangan sampai listrik mahal pelayanan PLN gitu gitu doang. oke yah kedua itu aja kayaknya.

3. ini tentang masalah layanan kalo ada masalah dengan listrik, kenapa petugas PLN kadang lambatttt bener ngeresponnya :  | (catat terkadang bukan selalu :D). pernah listrik di kos aneh bermasalah nelpon PLN terdekat uda, tapi lamaaaa banget responnya. harapannya ya kalo maslah-masalah kek gini cepat tanggapnya dibagus-baguskan lagi haha

4. Birokrasi. ciee kayak anak Fisip aja saya bicara birokrasi, ngaklah sebenarnya aku kurang tau birokrasi PLN gimana tapi kadang untuk penyambungan listrik baru itu kok mahal ya? (emang ini birokrasi) eh bukan. jadi kata emak saya jangan mahal mahal ya kalo pemyambungan baru. emak aneh kemaren mahal katanya :D

5. yah terakhir masalah korupsi. emang ada masalah dengan korupsi? terus korupsi masalah?? yak elah hal kek gini ditanyain haha, kalo masalah korupsi harapannya ya janganlah sampai terdengar korupsi-korupsian di PLN soalnya untuk apa korupsi. lah wong perusahaan monopoli pasti labanya gede kan? terus gajinya gede kan?? kalo lo jual berapa pun tuh listrik masih di beli kok. so jangalah maen korupsi-korupsian. malu sama tetangga om :D

nah kayaknya segitu aja harapanya.. tapi tolongnya jangan jadikan ini menjadi harapan kosong ya cinnnn..
oke PLN maju terus.. tapi awas kena sentrummm haha.



Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal