Sederhana dan bermakna

DUNIA ASURANSI YANG MEMBINGUNGKAN BAGI SEBAGIAN ORANG YUK KENALI DAN PAHAMI



" Saya sampe gak abis pikir, how this unfaedah financial instrument could be found?"

berawal dari twit diatas, baiklah marilah kita kenali lebih jauh apa itu asuransi atau dunia tanggung menanggung atau istilah krennya adalah mengalihkan resiko ke pihak lain.

Sebelum kita bercerita lebih jauh baiknya kita paham dulu apa artinya asuransi dan kenapa dia harus ada didunia ini.

Jadi begini, jauh sebelum dunia ini ada kita sudah berhadapan dengan yang namanya resiko. Adam dan Hawa terusir dari syurga merupakan resiko dari keputusan si Hawa memakan buah khuldi yang diharamkan oleh Allah Swt. Ini bukan cerita tentang mengapa Hawa memakan buah khuldi tapi ini tentang karena dia memakan buah khuldi dia menangung resiko kehilangan kenikmatan tinggal di syurga dan mereka berdua diusir ke dunia fanah ini.

Resiko keputusan mereka yang salah tidak berhenti di syurga di dunia pun mereka berdua berhadapatn dengan jutaan resiko lain yang menanti. Jadi, sejarah awal asuransi bermula adalah adanya resiko.

Konon, jauh sebelum zaman masehi ada orang-orang zaman dulu sudah berfikir cara meminimalkan bahkan menghindari resiko. Contohnya kerugian finansial.

Jadi, simpelnya asuransi adalah kegiatan pengalihan resiko dari seseorang ke orang lain. jika dalam dunia modern sekarang ke mengalihkan resiko ke perusahaan asuransi. kegiatan pengaliahan ini dikenal dengan istilah pertanggungan. Perusahaan asuransi disebut penganggung dan yang mengalihkan resikonya disebut tertanggung.

Perlu dipahami dalam hasil pengalihan ini ada biaya yang mesti dibayar sang tertanggung ke perusahaan asuransi yaitu sejumlah uang yang sudah di hitung manfaatnya buat tertanggung yang lebih familiar dikenal dengan premi. Hal ini lumrah terjadi karena ada hak dan kewajiban yang tercipta dibalik pemindahan resiko ini. Hak tertanggung adalah resiko ditanggung dengan kewajiban membayar premi ke perusahaan asuransi. pun sebaliknya.

Kemudian akan menjadi rumit bagi sebagaian orang ketika terjadi klaim dimana nilai yang diterima tidak sebanding bahkan ribet menurut mereka.

Perlu dipahami pemindahan resiko ini ada hitam diatas putih dan berasaskan kejujuran. Makanya ada istilah tidak ada perusahaan asuransi yang mau menanggung resiko orang yang pasti bakal mati besok atau tidak akan berumur panjang misal orang yang akan di eksekusi mati besok hari.

kenapa? itu pertanyaannya jadi perusahaan asuransi punya divisi aktuaria yang akan menghitung segala resiko yang timbul terhapat tertanggung namun jika dalam pengalihan ini ada salah satu pihak yang dirugikan makan bukan disebut asuransi lagi tapi perjudian dengan taruhan sejumlah uang terhadap benda atau nyawa yang diasuransikan.

Sampai disini yang perlu kita pahami perusahaan asuransi bukan perusahaan gambling yang menanggung semabarang resiko. Ada hak dan kewajiban, dan berdasarkan asas kejujuran. KEJUJURAN itu point utamanya. jika si tertanggung tidak jujur dalam mengisi surat permintaan asuransi ke perusahaan asuransi jangan salahkan perusahaan asuransinya jika suatu saat klaim ditolak karena adanya ketidak jujuran.

kiranya sampai disini dulu tulisan tentang asuransi ini, dan akan saya sambung lagi di tulisan lain.
sembari anda mencari tau tentang asuransi pahami dulu jenis asuransi yang anda ambil. 

Oke see you. dan selamat hari kartini.


Bengkulu, Fatmawati air port - 21 April 2019

Salam.
0 Komentar untuk "DUNIA ASURANSI YANG MEMBINGUNGKAN BAGI SEBAGIAN ORANG YUK KENALI DAN PAHAMI"

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top