Sederhana dan bermakna

Menyelamatkan data laptop yang rusak, Mungkinkah? || Acer Aspire One D257

Pagi... traffic blog saya jatuh tersungkur ditelan bumi ketatnya persaingan dunia perSEOan dan kejamnya persaingan keyword. saya berhenti ngeblog setelah laptop saya rusak total pada tahun 2015 dan data-data dilaptopnya sudah saya ikhlaskan sejak itu karena sibuknya pekerjaan saya.

Sebelum anda bosan, isi tulisan ini adalah akan memuat hal-hal berikut :
1. Apa yang perlu kita lakukan ketika laptop kita rusak total?
2. Apa saja yang perlu diselamat pertama kali?
3. Alat apa yang kita perlukan untuk penyelamatannya?

Disclaimer: ini sharing pengalaman pribadi dan bisa jadi tidak berlaku pada anda.


1. Hal yang perlu dilakukan pertama ketika laptop rusak.

laptop saya rusak layar gelap dan suka mati sendiri kalau dihidupkan. saya tau dari berbagai sumber bahawa kenungkinan yang rusak pertama adalah RAM, dan terparah adalah motherboot. Ini baru asumsi saya pada saat itu sehingga semua data sudah saya iklhaskan.

jadi sebelum membawa laptop ke tempat service kita harus diagnosa awal dulu apa kira-kira penyebabnya karena langka ini memudahkan kita mengambil langka selanjutnya.

2018, saya baru bawa laptopnya ke tempat service karena sudah lama jadi 'sampah' dirumah setelah dicek benar laptop rusak motherboot dan RAM.

2. Apa yang perlu diselamatkan pertama kali.

Tiada yang paling beharga daripada data kalau laptop kita sudah rusak. setelah tahu memang laptop saya biaya perbaikannya sudah hampir sama dengan biaya pembelian laptop baru maka saya  mencoba menyelamatkan data yang ada dalam hardisk lamanya.

biar tidak menambah biaya anda keluarkan sendiri aja HDD internal mudah kok pake obeng obeng kaleng kaleng juga bisa.

3. Terus gimana cara menyelamatkan HDD nya?

HDD internal adalah memory yang secara prinsip adalah penyimpanan data terpisah dari laptop kalau laptopnya rusak HDD kemungkinan bisa diselamatkan datanya. Cara pertama yang saya lakukan adalah  searching di google giman cara HDD internal jadi external, setelah searching kemudian nemu artikel yang bahas tentang external case sata yang bisa digunain sebagai media biar HDD internal jadi bisa digunian kayak external.

pada waktu itu saya beli External Case satanya di Tokopedia dicari aja banyak kok yang jual murah meriah lagi.

pemasangannya pun gampang tinggal tancapkan HDD internalnya ke slot terus tes colok  ke PC atau laptop kalau lampunya menyala dan terdeksi berarti data anda aman
.


Cara Pasang external Case bisa di cek di video berikut:



External Case Sata bisa dibeli disini >> https://bit.ly/2U0lGfR

0 Komentar untuk "Menyelamatkan data laptop yang rusak, Mungkinkah? || Acer Aspire One D257"

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top