Sederhana dan bermakna

Mahakarya Indonesia : Borobudur

The Stupas of Borobudur by Prihanda
Setelah melihat sebuah poto karya potografer Prihanda yang dipublish oleh Dji Sam Soe Potret Mahakarya Indonesia mengenai Borobudur saya teringat kembali tentang perjalanan saya kesana bulan Februari lalu.

Kamis Tanggal 31 Januari 2013 tepat pukul 08:00 WIB kreta yang saya tumpangi dari Jakarta dengan tujuan Jogjakarta melaju dengan cepat menuju arah timur pulau Jawa, ya tujuan kali itu adalah Jogjakarta dengan bermodalkan satu tas dengan beberapa baju dengan budget yang tidak terlalu besar dan pengetahuan minim tentang pulau jawa saya bisa dibilang nekat, karena baru pertama kali berpergian menggunakan kreta di pulau orang sendirian tapi niat saya untuk melihat Mahakarya Indonesia di pulau Jawa terutama Borobudur tidak menyurutkan langkah saya untuk tetap melakukan perjalanan kesana.

Pukul 16:00 WIB kreta yang saya tumpangi akhirnya berhenti di stasiun terkenal yang orang menyebutnya Tugu, ya stasiun Tugu Jogja setelah menelpon teman sekolah saya waktu SMA saya mendapat jemputan dan sekaligus menginap gratis di rumah kontarakannya di daerah lempuyangan, Jogja.


Singkat cerita tanggal 2 Februari 2013 saya ditemani tiga orang teman meluncur ke Magelang, Jawa Tengah yaitu ke Borobudur karena ini adalah salah satu mahakarya bangsa Indonesia yang mendunia yang memang menjadi wish list saya kalo sampai ke Jogja, sore hari sekitar pukul 14:30 WIB kami sampai di komplek candi yang merupakan keajaiban dunia itu. Cuaca sangat bersahabat, kalau saya baca di literature mesti sewa payung untuk melawan terik matahari untuk  ke puncak tapi waktu itu suasananya mendung jadi cuaca tidak begitu terik.

Begitu banyak kekaguman saya ketika sampai di stupa paling atas Borubudur, dan yang pertama saya kagumi adalah relief yang terukir indah di dinding candi, yang sekaligus bertanya berapa orang yang membangun bangunan semegah ini ketika belum ada teknologi alat berat? Sementara arsitektur bangunan menjadi sebuah bentuk mahakarya yang benar-benar mengagumkan.


Setelah melihat secara langsung situs mahakarya Indonesia warisan dinasti Syailendera ini wajar kiranya Borobudur menjadi salah satu bukti sejarah yang penting bagi peradapan manusia Indonesia dan manusia dunia pada umumnya. Kemegahan dan kecantikan arsitekturnya merupakan harta karun dunia mahakarya Indonesia yang tak ternilai harganya. 
6 Komentar untuk "Mahakarya Indonesia : Borobudur"

Sebenarnya iri banget lihat foto-fotomu mas.

Namun sampai sekarang saya belum bisa menginjakkan kaki di Borobudur.

Semoga bisa, dan harus bisa. Hehehee...

Saya awalnya juga iri sama poto orang juga mas :D

tapi alhamdulillah sudah kesampaian

aminn semoga mas bisa ke Borobudur atau lebih dari itu :D

saya juga minta do'a nya dong sob :D
salam

ya semoga intan juga taun 2014 bisa kesini aminnn :D

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top