Sederhana dan bermakna

Mang Bena Belajar Nulis

Pagi-pagi suara masih serak serak basah bak Dewi Persik nelan batu ulekan haha, buka twitter, buka facebook dan buka celana #eh udah kayak lagu Saikoji aje ini ceritanya. mention teman-teman untuk berangkat "Ngota" (Baca: Pergi ke kota), maklum sob kita tinggalnya di dekat kampus pusat yang jauh dari peradaban hehe jadi kalo pergi ke kota yah kita istilahnya itu Ngota, ingat Ngota buka Ngota'i, lupakan tentang rencana Ngota itu karena ceritanya mungkin akan diposting malam nanti.


Kembali ketika buka twitter, saking seringnya buka twitter saya di julukin jadi admin twitter sama teman saya meski sebenarnya saya tidak begitu suka dengan istilah itu.. nah saya jadi ingat kalo tema November Ngeblog dari NBCunsri pagi ini adalah menulis, nah makanya saya nulis ngalir kayak air disini, dan airnya jatuh dicomberan lho? ya soalnya tulisannya banyak isiinya dan ngak ada fokus ngomongin apa, hehehe

Oke, di tema kali ini saya akan coba nyeritain tentang nulis, walaupun saya kurang pakar tentang tulis menulis, tapi yang jelas menurut saya menulis itu asyik aja. kenapa? itu sama kayak kamu boker di celana lho? ya kayak kamu boker dicelana orang ada yang ngak suka tapi kamu suka. (sungguh perempumaan yang tak nyambung haha) jadi saya cuma merasa dapat kata "asyik" dalam menulis terutama di Blog ini, meskipun kalau kalian tanya asyiknya dimana dan pasti saya tak tau jawabnnya hahah itulah serunya sob menulis itu tak perlu diungkapkan dan tak perlu diterjemahkan tapi ia adalah keajaiban (kayaknya quote film ini hah)

Ngak kok, sebenarnya menurut saya dengan menulis itu kita banyak belajar diantaranya:
1. Melatih otak
yah kalo kita dalam keseharian cuma bisa membaca atau membaca dalam arti melihat dia akan hilang suatu saat, misal kalau kita jalan disuatu tempat atau punya ceritanya yang lucu, kalo kita tuliskan lebih asyik, ngak percaya? liat tuh status facebook kamu, atau tweeet di twitter kamu hehe. nah dengan nulis itu kita merangsang otak untuk kreatif dalam menuangkan kata-kata. walau saya sendiri tidak begitu kreatif dalam menulis. yah namanya juga belajar yah ngak?. Dengan menulis kita menjadi terbiasanya untuk merangkai kata dalam tulisan. jadi suatu saat kita disuruh menulis jadi kita akan terbiasa kan?

2.Menerjemahkan apa yang dilihat
maksudnya gini, pernah liat teman kita yang punya kemampuan berbicara yang "plus" banget?  tapi saya yakin mereka belum tentu pandai menuliskan apa yang mereka katakan. ya itu tadi mereka hanya pandai dalam berbicara tapu belum pandai menerjemahkannya ke dalam tulisan. Mereka bisa ngomentarin apa yang dia lihat sehari full kalau dituangkan di tulisan mungkin satu buku.  nah dengan belajar menulis kita bisa menerjemahkan apa yang dilihat itu kedalam tulisan yang tentunya akan enak dibaca orang lain. ngak mungkinkan kalo kita ngeriview buku cuma dengan kata-kata doang? mungkin gitulah kira-kira poin ini yang ngak ngerti buku kamus Bahasa China ya =,=

3. Menghargai
pernah baca tulisan penulis yang bagus pake banget? atau novel-novel yang ditulis oleh orang-orang terkenal, kalo sudah. lihat mereka kayaknya mudah banget ya nulis buku yang setebal itu. nah itu tadi dengan menulis kita jadi bisa menilai tulisan orang lain, kenapa? karena kita mencoba untuk memberikan ratinglah istilahnya itu. karena kita belum tentu mampu menulis kayak mereka.. saya juga punya teman Blogger yang tulisannya bagus pake bener. hehe jadi kalo baca blog dia itu. "wah, bagus tulisannya kok bisa ya dia semudah itu punya ide nulis?". jadi terbesit dan termotivasi untuk membuat tulisan bagus juga jadinya

4....
5....

dan bayak manfaat-manfaat lainnya, tapi berhubung hari ini ada planning Ngota jadi sekian dululah tulisan pagi ini.

@Benagustian
#NovemberNgeblog

0 Komentar untuk "Mang Bena Belajar Nulis"

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top