Saturday, November 10, 2012

Tiga pahlawan Indonesia di mata saya

Dokumentasi Edidermawan.blogspot.com
Hari ini adalah tanggal 10 November dan itu artinya hari sabtu..=,= hoho itu artinya hari ini adalah hari pahlawan. Mungkin ada yang tidak tahu kalau hari ini adalah hari pahlawan, lah kok bisa? lah iyalah saya kalau tidak buka twitter tadi pagi ngak bakalan tau kalau hari ini adalah hari pahlawan hehe, terlalu. ngak kok, jangankan mengingat hari pahlawan, dulu atau sekarang masih, ada anggota (oknum) TNI yang ngak hapal pancasila, parah mana coba? enak itu kalau ngak di iput televisi lah ini diliput televisi besar dan disiarkan ke seluruh penjuru tanah air.

Nah, semua orang pasti punya pahlawan dalam hidup, ehm kalau saya tanya siapa pasti banyak yang menjadikan orang tuanya sebagai pahlwan atau juga guru mereka atau siapalah yang mereka anggap berjasa, begitupula halnya dengan Indonesia yang kita cintai ini. Indonesia punya banyak sekali pahlawan baik itu yang gugur tercatat atau tak tercatat maupun yang masih hidup menjadi 'pahlawan' masa sekarang. Bercerita tentang pahlawan yang gugur dan tercatat saya punya beberapa pahlawan yang saya kagumi perjuangannya. Siapa mereka?? tunggu dulu sebelumnya saya beritahu dulu bahwa tulisan ini adalah pandangan saya saja dan bukan mencoba untuk membandin-bandingkan jasa mereka, tapi lebih kepada pengaguman saja -,-. ya kalau mau dibandingkan pahlwan yang satu dengan yang lain ya mereka punya porsinya masing-masinglah :)

1. Ir. Soekarno
Sumber poto ilhamblogindonesia.blogspot.com
Nama: Ir. Soekarno
Nama Panggilan: Bung Karno
Nama Kecil: Kusno.
Lahir: Blitar, Jatim, 6 Juni 1901
Meninggal: Jakarta, 21 Juni 1970
Makam: Blitar, Jawa Timur
Gelar (Pahlawan): Proklamator
Jabatan: Presiden RI Pertama (1945-1966)
Isteri dan Anak: Tiga isteri delapan anak
Isteri Fatmawati, anak: Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh
Isteri Hartini, anak: Taufan dan Bayu
Isteri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto, anak: Kartika.Ayah: Raden Soekemi Sosrodihardjo
Ibu: Ida Ayu Nyoman Rai
Pendidikan:
HIS di Surabaya (indekos di rumah **** Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam)
HBS (Hoogere Burger School) lulus tahun 1920
THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB) di Bandung lulus 25 Mei 1926Ajaran: Marhaenisme
Kegiatan Politik: Mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927
Dipenjarakan di Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929
Bergabung memimpin Partindo (1931)
Dibuang ke Ende, Flores tahun 1933 dan Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.
Merumuskan Pancasila 1 Juni 1945
Bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945—–
Mungkin selama ini orang Indonesia sudah tau dia ini pahlawan, tapi taukah anda pengakuannya sebagai pahlawan baru diakui pemerintah beberapa hari kemarin? Baca >> disini <<. Tapi menurutku pengakuan penting tidak penting ya. yang penitng itu perbuatannya dan bagaimana dia dikenang dalam hati masyarkat Indonesia.

Soekarno itu pahlawan terkeren menurut saya, mulai dari wibawa, karisma, kepemimpinan sampai ke-playboy-an hehe. saya yakin orang-orang Indonesia masih mendambahkan sosok kepimpinan si bapak Soekarno ini yang terkenal dengan ketegasannya, dengan go to hell with your aids-nya, ganyang malaysia-nya, dll. Tapi yang paling keren itu ya perjuangannya membangun bangsa ini yang dapat dikatakan mulai dari nol. Salutnya dia bisa menyatukan Indonesia yang beragam ini dalam satu panji merah putih padahal zaman dulu kan belum ada kemajuan informasi seperti sekarang, gimana ya caranya berkomunikasi bahwa kita ini Indonesia loh. kan bisa pake surat? ya tapi kalau bukan karena kepemimpinan Soekarno yang wah ini mungkin Indonesia itu cuma jawa sumatera doang, terbukti banyak yang berontak :) 

ini merupakan pahlawan yang saya beri rating lima bintang kalo ibarat film hehe. Bagaimana menurut anda?

2. Jenderal Soedirman
Sumber Poto Cgaetpe.blogspot.com
Nama: Jenderal Sudirman
Lahir: Bodas Karangjati, Purbalingga, 24 Januari 1916
Meninggal: Magelang, 29 Januari 1950
Agama: Islam
Pendidikan Fomal:
- Sekolah Taman Siswa
- HIK Muhammadiyah, Solo (tidak tamat)
Pendidikan Tentara: Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor
Pengalaman Pekerjaan: Guru di HIS Muhammadiyah di Cilacap
Pengalaman Organisasi: Kepanduan Hizbul Wathan
Jabatan di Militer:
- Panglima Besar TKR/TNI, dengan pangkat Jenderal
- Panglima Divisi V/Banyumas, dengan pangkat Kolonel
- Komandan Batalyon di Kroya
Tanda Penghormatan: Pahlawan Pembela Kemerdekaan
Meniggal: Magelang, 29 Januari 1950
Dimakamkan: Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta
Nah pahlawan yang keren lainnya adalah si bapak Jeneral sudirman. taukan besarnya penghargaan bangsa Indonesia dengan pahlawan yang satu ini namanya diabadikan menjadi nama-nama jalan besar di sebagian besar kota-kota di Indonesia. Dia merupakan pahlawan yang konsekuen dalam membela negara hal ini terlihat dari Agresi Milter Belanda II yang dia meminpin pasukan dalam keadaan sakit. salut. selain itu dia mendapat gelar jenderal bukan karena pernah sekolah kemiliteran atau pendidikan militer tapi lebih karena jasa dan prestasinya.

Semoga sudirman-sudirman lain tumbuh seribu di Indonesia, karena orang-orang seperti bapak jenderal inilah yang dibutuhkan oleh Indonesia, bagaiman dengan anda? sanggup jadi the next Sudirman?

Dokumentasi  Erabaca.com
3. Cut Nyak Dien 
Nama: Cut Nyak Dhien
Lahir: 1848 Lampadang, Kesultanan Aceh
Meninggal: 6 November 1908 Sumedang, Hindia Belanda
Dikenal karena Pahlawan Nasional Indonesia
Agama: Islam
Pasangan:  Ibrahim Lamnga, Teuku Umar
Anak: Cut Gambang
Cut Nyak Dien, Perempuan tangguh. Itulah yang membuat saya memasukkan ke dalam list ini. Pejuang perempuan. sepengetahuan saya di dunia cuma ada dua negara yang pejuang perempuannya terkenal satu itu dari Aljazair kalau tidak salah. nah yang satunya lagi ya si Cut Nyak Dien ini.

Quote yang menyentuh dari cut nyak dien ini adalah ketika anaknya menangisi kematian ayahnya yang juga pahlawan dia bilang pada anaknya “ Sebagai perempuan Aceh, kita tidak boleh menumpahkan air mata pada orang yang sudah syahid”

Perempuan yang pemberani patutlah dicontoh oleh pemuda Indonesia, karena keberanian dan ketangguhanlah yang menjadikan ia pantas dijadikan pahlawan dari itu sudah selayaknyalah sifat ini ada pada kita. Karena Indonesia membutuhkan jiwa-jiwa pemberani dan tangguh. Jadi tidak ada cerita perempuan itu lemah.. Apa lagi cowok #eh

Nah itulah ketiga pahlawan yang bisa dikatakan saya favoritkan. Semoga tulisan sederhana ini bisa menginspirasi dan memberi makna pada kita semua. Itu pahlawan favorit saya. Bagaimana dengan anda?? :)

eh ada video bagus ini sempat berlinang haru juga liatnya >> Reason to Believe

@Benagustian


  

6 comments :

  1. haii ben :)
    waah,, ternyata anda aktif sekali ya ikutan november ngeblog. tulisannya juga bagus-bagus, senang berkunjung di blog anda.
    keep writing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii terimaksih atas kunjungannya..
      yah daripada blognya ngak ada isinya mending ikutan, kayaknya asyik kalau orang lain yang nentuin temanya hehe

      Delete
  2. Replies
    1. iya ini pahlawan yang wah menurut saya..
      kerenan blog konyoln ya agan hehe bisa ya agan nulis selepas itu..

      Delete
  3. Admin permisi mampir ke blog yang cetar membahana badai ini ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah mimin over dah.. kalau cetar membahana badai berarti blog saya mencekam dong min.. terimakasih min kunjungannya ... :)

      Delete

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal