Wednesday, October 24, 2012

Belom Ke Palembang Kalo Belom Makan Pempek palembang

"oii cek jak dimano kau? sini dulu kau tu makan pekempek dulu. jarang-jarang kau tu ke Palembang
gek di tanyo wong pulo sudah lom makan pemepek, mak uji wong tuh lom ke Palembang kalo belom makan pekempeknyo" -Rogaya 36

Pernah denger kota Pekempek?? yah pasti rata-rata orang sudah denegar dan pasti Palembang lah yang ada di ingatannya. nah kali ini kita akan bercerita tentang pemempek Palembang-salah satu makanan tradisional khas Palembang-. jadi bukan mau ngebahas cek Rogaya yang di awal kalimat itu heheh. di Palembang pekempek yang terkenal itu yang saya tau adalah pekempek Candy dan pekempek Pak Raden
Sumber Photo : imahartanto.multiply.com
Jadi kalo ke palembang, banyak orang mampir di toko pemempek ini. sebenarnya jenis pemempek itu beragam jenisnya diantaranya
1. pemempek kapal selam
2. pemempek kulit
3. pemempek lenjer
4. pemempek tahu, dll

ada pun cara membuat pemempek adalah

Bahan-bahan Dasar:

1. 1 mangkok ikan yang telah dilumatkan (Ikan untuk empek empek sebaiknya menggunakan ikan belida, tenggiri atau kakap)
2. 1 mangkok tepung kanji
3. Air garam secukupnya

Bahan Membuat Untuk Kuah Pempek:
1. 10 buah cabe rawit
2. 6 buah cabe merah
3. 4-6 siung bawang putih
4. Garam
5. Cuka
6. Gula Aren
Jangan lupa tambahkan Air matang secukupnya

Cara membuat empek-empek:
Ambil Ikan dicuci hingga bersih,setelah itu belah lalu kemudian ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan menggunakan sendok. jika sudah tambahkan tepung kanji,lalu aduk aduk, kemudian tuangi adonan tadi dengan air garam sambil diaduk aduk hingga rata dan adonan yang telah mengental kemudian dipulung. Gulung dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. setelah matang kemudian Buka daunnya lalu dinginkan.


Cara membuat kuah Empek-empek:

Semua bahan untuk membuat kuah disatukan lalu gerus sampai halus, tuangi dengan 1 mangkok air matang . setelah itu Bubuhi dengan larutan cuka secukupnya. untuk kuah Rasa harus asin, asam, manis dan pedas. Boleh ditambahkan tongcay yang diiris tipis. Bila ingin kuahnya berwarna agak kecoklatan, bubuhi dengan 1-2 sendok kecap, aduk hingga merata.

Cara Penyajian empek empek.
Empek-empek yang telah dikukus tadi haruslah di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, agar supaya lebih gurih dan empuk. jika sudah tiriskan sejenak lalu potong potong dengan ukuran menurut selera, taruh dipiring. kemudian siram dengan air kuah yang telah dibuat tadi. Sebagai pelengkap anda bisa menambahkan ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat di video berikut




kandungan gizi
informasih berikut ini dikutip dari sini

Di restoran, pempek lebih digolongkan sebagai makanan pembuka (appetizer), yaitu jenis makanan yang dihidangkan dalam keadaan panas atau dingin, yang disajikan pada permulaan dari suatu urutan makanan lengkap.

Penelitian tahun 1980 menunjukkan bahwa persentase hotel dan restoran yang menghidangkan pempek sekitar 44,4-66,7 persen. Seiring dengan penerimaan masyarakat yang kian meluas, tentu saja jumlah restoran penjual pempek kian bertambah dari waktu ke waktu.

Pempek merupakan makanan tradisional masyarakat Palembang yang terbuat dari bahan dasar daging ikan giling dan tepung tapioka. Pempek memiliki citarasa khas dan disukai masyarakat, memiliki nilai ekonomi dan gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi utama pada pempek adalah protein, lemak, dan karbohidrat yang diperoleh dari ikan dan tepung tapioka. Kandungan gizi lainnya berupa vitamin dan mineral.

Perbandingan ikan, air, tepung tapioka, dan garam sangat berpengaruh terhadap nilai gizi, rasa, warna, kekenyalan, serta karakteristik lainnya. Penggunaan ikan akan mempengaruhi citarasa dan aroma makanan ini.

Penggunaan ikan yang semakin banyak akan meningkatkan kadar lemak, protein, dan rasa enak pempek, tetapi tentu saja harganya menjadi lebih mahal. Pempek yang dijual murah biasanya terbuat dari tepung kanji yang ditambahkan penyedap rasa, tanpa menggunakan ikan. Jenis ini di Palembang disebut sebagai pempek dos.

Komposisi zat gizi pempek berbeda-beda menurut jenis serta bahan baku ikan yang digunakan. Pempek kapal selam memiliki kadar protein, lemak, dan vitamin A lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya karena adanya penambahan telur di dalamnya.

Pempek dalam porsi lengkap memiliki kandungan zat gizi yang lebih baik dibandingkan dalam bentuk satuan. Komposisi gizi pempek juga berbeda-beda menurut daerah asalnya

Mengingat demikian khas citarasa dan cukup tingginya kadar gizi pempek, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencobanya. Mengapa tidak dimulai dari sekarang?

Selamat menikmati . -




Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal