Tuesday, July 31, 2012

Pesan Dari Sebuah Poto Buram

“aku suka poto close up, karena mereka membawa kita melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat secara lebar”
Kalimat di atas adalah ucapan seorang potografer di salah satu film yang pernah saya tonton, dimana dalam film tersebut si potografer lebih senang mengadakan pameran poto close up, dia juga bilang kalau di poto close up dia juga menyukai bagian mata, kenapa?? jangan tanya padaku aku tak tahu haha
beda potografer dalam film beda juga dengan saya haha kalau saya kalimat di atas akan saya ganti dengan:
“aku menyukai poto yang buram, kabur, ngak jelas dan menipu, karena mereka membawa kita melihat sesuatu penuh ketidakjelasan dan penuh dengan terka menerka haha”
Kalimat di atas sebenarnya tidak begitu mewakili apa yang sebenarnya, itu adalah kiasan dari poto yang akan saya share. Well, untuk mewakili  kalimat yang saya buat mari kita lihat poto berikut?

1. Tiga buah cangkir yang berisi minuman.
IMG0159A
Sekarang perhatikan dengan seksama, dalam poto ini kita dapat melihat tiga buah cangkir yang berisi air yang semua orang pasti menerka ini teh apa kopi? atau sirup? hehe yah itu tadi poto yang buram menyimpan ketidakjelasan dan penuh tanda tanya. saya rasa tak ada potografer yang menginginkan poto mereka begini pasti meraka mau poto mereka sempurna. tapi dibalik itu semua poto yang saya jepret ini lebih real dalam pengambilan tanpa editan apapun. catatat tanpa editan, walau penuh dengan keburaman dan ketidakjelasan.


oke untuk lebih jelasanya itu adalah poto tiga cangkir yang berisi teh yang menggunakan pencahayaan sinar matahari pagi, yah setidaknya ada cahaya walaupun di poto tampak seperti malam hari. haha

2. Segerombolan orang dalam sebuah ruangan.
IMG0163ANah, poto yang kedua ini adalah poto segerombolan orang dalam ruangan, ehmm segerombolan-nya ngak enak sekarang kita ganti dengan sekelompok saja hehe mengapa saya sebut segerombolan? karena orang-orang dalam poto ini semuanya nyatu seperti bayi kembar siam haha. Ada yang bisa menghitung, berapa orang cewek dan berapa orang cowok dalam poto ini?. Kalo bisa, hebat!! berarti mata anda bisa memperbaiki pixel poto yang hancur lebur berantakan dan anda dapat dipastikan dapat melihat hantu haha. lah iya wong gambar nyatu gitu mana bisa dideteksi yang nampak cuma kepala-kepala orang. oke kita lanjut ke poto selanjutnya…..

3. Dua orang yang lagi berjalan.
IMG0173A
Poto-potonya semakin kebawah semakin tidak jelas ya? lah tadi kan temanya memang yang kabur-kabur yang buram-buram yang ngak jelas-ngak jelas. Nah poto yang ni poto dua orang yang sedang berjalan di tanah lapang yang ditumbuhi tumbuhan rindang, rindang?? menurut saya rindang, kan kita menerka nerka haha. Terus itu dua orang, perempuan atau laki saya juga tidak tau, sungguh tak jelas, dan saya suka sekali dengan poto yang satu ini, karena begitu banyak menyimpan misteri, pernah dengar kata bijak yang berbunyi: salah satu jenis kebohongan adalah poto dan salah satu bentuk kejujuran adalah cermin. Ada yang tau maknanya? saya juga kurang tau tapi sebenarya pepatah itu tidak begitu benar haha karena pepatah itu saya sendiri yang buat Smile. Memang dalam dunia digital sekarang poto sering banyak yang dimanipulasi dan sehingga bernada bohong jika diliat, ngak percaya? liat poto facebook saya sungguh kebohonongannya mendekati 100% wkwkwk terus apa hubungan dengan cermin? lah iya emang kita bisa ngedit apa yang ditunjukkan cermin? kalo kita berjerawat, terus kalo di cermin dimanipulasi bisa ilang gitu? ngak kan? itulah salah satu kejujuran cermin
Terus, hubungannya dengan poto ini apa? poto ini salah satu poengcualian kebohongan poto, tanpa diedit dan tanpa tanpa yang lainnya dan penuh ketidakjelasan, sehingga sepertinya berbohong bisa memperjelasa kali ya. haha sbenarnya dasar kameranya yang ngejepret poto ini saja yang abal-abal sehingga semuanya tak jelas. haha

4. Tanah lapang, orang  dan sebuah mobil
IMG0161A
Ada yang tau berapa nomer plat polisi mobil tersebut?? haha kalau ada yang tau sakti sekali, dan saya yakin anda pasti seorang bandar togel yang suka menerka nerka nomer hoho. tapi tak mengapa menerka nerka memang tema dari tulisan ini haha lanjutkan saja pake kaca pembesar boleh juga untuk memastikan alibi berapa nomer plat dari mobil ini. lanjutkan!! 3 TAHUN BISA! lho kok jadi kayak kampaye..

sebelum saya akhiri tulisan GJ kali ini, kembali lagi kedalam tema buram, tak jelas, dan menerka nerka. Mungkin kita pernah mengalaminya dalam hidup. pernah? ngak? pasti semua orang pernah. sebenarnya kita hanya perlu menambahkan sedikit ‘kebohongan’ (aksi) biar semuanya lebih jelas, membuang semua yang menghalanginya sehingga kita tak menerka nerka, menambahkan sedikit ‘cahaya’ (kejernihan pikiran) biar semuanya tak buram, seperti poto-poto buram yang  yang bagi diatas semuanya minus ‘kebohongan’, minus ‘cahaya’ dan banyak yang menghalangi. Sehingaa semuanya mejadi serba tak jelas.
Dalam poto untuk menghasilkan gambar yang jelas dan tidak buram kadang kita harus mengganti gadget supaya hasilnya lebih baik begitupun dalam hidup kadang harus lebih ektream agar hidup mejadi jelas, tak buram dan jelas, kita kadang harus mengganti ‘gadget’ (jalan/pilihan). oke rasa itu saja pesan dari poto poto buram diatas haha

Sebelum tulisan ini ditutup sebenarnya poto di atas dijepret dengan kamera hape cina saya haha yang merek serta spesifikasinya sangat haram dibagi disini wkwkwk. oke see you in the next post
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal