Monday, April 23, 2012

Pagaralam: Permata Bukit Barisan


Di posting-an kali ini saya akan  berbagi cerita tentang kota Pagaralam yang merupakan salah satu kota wisata yang mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang, kota wisata ini memang terkenal di Sumatera Selatan, tapi akan menjadi  cukup eksotis bagi anda yang memang berada di luar Sum-Sel, kota ini memiliki begitu banyak objek wisata alam dan sejarah, kita dapat mengunjungi kota ini melalui perjalanan darat kurang lebih 8 jam dari Palembang (ibukota Sumatera Selatan) .  Dengan menempuh perjalanan 8 jam dengan menggunakan bus, sekarang banyak armada bus yang melayani jasa transportasi untuk mencapai kota ini yakni Melati, Telaga Biru, Sinar Dempo dan lantara jaya., tidak perlu khawatir dengan lamanya perjalanan anda karena daerah-daerah yang anda lalui akan menawarkan keindahan yang beragam dan sayang untuk dilewatkan, yang akan menjadi frame tersendiri perjalanan anda.

1. Gunung Dempo
Wisata alam yang paling terkenal di kota ini adalah gunung dempo, gunung yang  terletak di kota Pagaralam dan  merupakan puncak tertinggi di Sumatera Selatan, objek wisata ini dapat ditempu sekitar 15 menit dari pusat kota, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan kita dapat mencapai ke puncak,
tidak perlu khawatir dengan kendaraan sewaan karena penduduk kota ini orangnya rama-rama jadi sebisa anda menawar sehingga anda dapat harga miring. di gunung dempo anda tidak hanya akan disajikan dengan hijaunya kebun teh, tapi juga akan disajikan pemandangan kota dari kejauhan, tidak hanya itu di areal perkebunan teh ini anda juga dapat mengunjungi pabrik PTPN III yang jaraknya sekitar 15 km dari terminal kota.

Tidak hanya itu anda juga dapat menikamati penjelajahan di tangga 2001, disini anda dapat sejenak merilekskan kaki anda selama perjalanan. dengan ditemani udara yang sejuk akan membuat anda semakin nyaman untuk berjalan kaki disini. konon katanya tangga ini memang memiliki anak tangga sebeanyak 2001 satu lho sesuai dengan tahun pembatannya yah tapi saya tidak begitu menghitungnya soalnya begitu banyak heheh.
nah kalo yang satu ini kayaknya kudu wajib dinikmati yah apa lagi kalau bukan keindahan hamparan kebun teh yang mengijau menyejukkan mata, disini anda dapat memanjakan mata anda dengan sejuknya udara pegunungan, orang bilang sih belum ke gunung dempo kalau belum mencicipi bagiaman rasanya daun teh hijau yang masih seger wah anda kudu coba tuh… 

2. Air Terjun
Tidak hanya gunugn dempo yang menjadi wisata andalan kota ini, air terjun juga menjadi salah satu tempat yang wajib anda kunjungi, sayang rassanya kalau sudah berada di Pagaralam tapi anda melewatkan eksotisnya air terjun disini, ada begitu banyak air terjun di pagaralam tapi yang kudu wajib anda kunjungi adalah  curup embun dan lematang indah,
 Di objek wisata air terjun ini anda tidak hanya dapat menikmati indahnya germercik air yang jatuh tapi juga ada penyewaan arung jeram, bagi anda yang suka berolaraga ekstrem, tapi saya sarankan untuk bearung jeram anda sebaiknya menghubungi dinas pariwisata kota untuk kelengkapan alat dan pendamping yang terbaik..



Selain berarung jeram anda juga dapat menikmati indahnya tebing tebing bukit barisan yang menjulang diatas anda, untuk lebih asyiknya saya sarankan untuk mandi diair terjun ini, di air terjun lematang indah maupun curup embun anda dapat dengan lelluasa mandi dengan air yang begitu sejuk dan seger..

3. Rumah Adat Besemah

Rumah adat besemah (suku yang mendiami kota pagaralam) tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, rumah adat masih banyak dan mudah ditemui baik itu didalam kota maupun dipedesaannya. tidak perlu sungkan karena yang punya rumah ramah-ramah dan kalau anda bernasib baik biasanya yang punya rumah akan menyediakan makan siang untuk anda dan itu gratis, memenang ciri khas penduduk kota ini adalah ramah dan terbuka untuk setiap orang yang datang.

 Rumah adat besemah atau yang mereka sebut dengan rumah baghi (baghi=kuno) merupakan rumah yang cukup unik dimana dinding kayu yang ada pada rumah ini memiliki seni ukir yang khas.


Selain rumah baghi yang benar benar kuno sekarang anda juga dapat menemui rumah adat yang telah dipadukan dengan unsur modern seperti dibawah rumah juga dijadkan sebagai lantai satu, dan rumah seperti ini biasanya lebih nyaman ditinggali karena, tinggal dibawah rumah seperti ini lebih nyaman dari pada di atasnya, jadi bagi anda seorangseorang petualang dan angota anda tiadak banyak, saya sarankan untuk mencari rumah penduduk ini untuk menginap karena mereka senang menampung para petualangan.. jadi hitung hitung hemat biaya penginapan heheh oh ya kalau mau tinggal dirumah penduduk saya sarankan juga di simpang manna saja karena merupakan tempat yang mudah akses kendaraan.

4. Penginapan.

Suatu objek wisata kurang lengkap rasanya kalau tidak ada fasilitas penginapan, nah kali berkunjung ke Pagaralam anda tidak perlu khawatir dengan penginpan karena fasilitas disini cukup memadai, ada banyak tempat yang dapat menjadi tempat alternatif menginap diantaranya:

a. Villa di Gunung Dempo

Salah satu tempat yang menarik untuk dijadikan pilihan menginap adalah villa di gunung dempo, harga villa di puncak gunung dempo bervariasi bergantung fasilitas dan jumlah kamar, tapi lumayan murah untuk sekedar tinggal semalam atau dua malam.


b. Hotel



hotel cukup banyak di Pagaralam diantaranya hotel remaja di puncak gunung dempo, sebenarnya di dalam kota juga banyak hotel, namun tinggal di hotel daerah puncak akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anda. karena selain tidak perlu repot untuk naik kepuncak lagi jadi anda tinggal buka jendela dan langsung dapat menikmati indahnya suasana pegunungan.

c. Rumah penduduk

Nah  kalo yang terakhir ini sangat direkomendasikan seklai, heheh selain gratis anda juga akan ditanggung makan siang, jadi kalo mau tinggak dirumah penduduk ya sebisa anda melobi dan meyakinkan mereka. jadi kalo anda cuma bertiga atau berdua tidak salahnya kalau tinggal dirumah penduduk saja. apa lagi kalau anda ada kenalan dikota ini, kalau mau tinggal dirumah penduduk saya sarankan di jalan yang megarah ke gunung dempo saja, biar mudah transportasi. selain hemat juga praktis brooo
okeeeee… selamat Ulang Tahun Untuk Provinsi Sumatera Selatan SEMOGA PARIWISATANYA TAMBAH MAJU….
OKE SEE YOU IN THE NEXT POST





7 comments :

  1. heheh amatiran bos..
    thanks sudah mampir :D

    ReplyDelete
  2. seneng-nyo lah ado wong yang jugo mempromosike tempat tinggal-ku hehehe thankz ya kakak

    ReplyDelete
  3. aku lagi nak buat vila di bali,rumahnyo daimbil rumah baghi dr pagar alam,memang kejingokannyo aku lah sdh merusak warisan budayo besemah tp sebetulnyo aku nak mempublikasikan budayo kito di bali supayo turis mancanegara tau mengenai besemah

    ReplyDelete
  4. aku jugo berharap kalo kagek vilaku lah jadi (ado 5 rumah baghi),vila itu nak disewoke dan harapannyo pemko pagar alam biso menunjang publikasi mengenai pagar alam dan bila perlu ada turism board pemko supayo para turis pacak dpt info makamno caronyo kalo nak berlibur ke pga,apo bae yg biso dikunjungi

    ReplyDelete
  5. Kalo nak refresing cubo mau nginap hubungi bae HP 0812-73-32-313

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal