Saturday, October 19, 2013

Lubuk Linggau

Tanggal 25 September bulan lalu kreta Serelo II jurusan Kertapati-Lubuk Linggau membawa saya menuju Kota Lubuk Linggau, sebuah kota di utara kota Bengkulu dan masih bagian dari Sumatera Selatan dan merupakan kota terakhir perhentian kreta api yang saya tumpangi. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 9 jam dari Palembang akhirnya saya sampai di Stasiun Lubuk Linggau pukul 19:00 WIB. Jujur ini adalah pertama kali saya ke kota ini seumur hidup saya, jadi wajar ya kalau saya akan menuliskan sedikit catatan perjalan yang kurang penting ini dengan referensi yang seadanya :D.

Sebenarnya ke Lubuk Linggau bulan kemarin itu dadakan, untuk bertemu seseorang yang saya cuma tahu namanya dan tidak pernah bertemu sebelumnya, setelah lama berdiri mematung di stasiun pukul 7 sore itu akhirnya datang jemputan, dan langsung ke Rumah Sakit AR bunda tempat dimana saya 'belajar' sistem informasi rumah sakit [kira-kira seperti itulah] :D

Menurut saya Lubuk Linggau adalah kota terbesar kedua di Sumatera Selatan sesudah Palembang. Tapi sayang saya tidak bisa menjelajahi kota ini karena kondisi saya kesana bulan kemaren bukan liburan atau sejenisnya melainkan tugas 'belajar' heheh

Tapi walau saya tak sempat menjelajahi kota ini saya cukup puas karena gedung rumah sakit AR bunda merupakan gedung tertinggi di Lubuk Linggau jadi ketika teman saya seorang dokter gigi dari Bontang ngajak ke lantai paling atas langsung saja saya ikut, dan dari lantai 6 rumah sakit ini saya bisa melihat hampir keseluruhan kota Lubuk Linggau [lumayan bukan]
CityScape Linggau dengan latar bukit barisan, ini adalah bagian yang paling saya suka, kalau kata teman saya mirip Bandung 
Dari atas RS AR tampak jelas bukit Sulap yang [katanya] salah satu objek wisata terkenal di lubuk linggau karena bukit ini dekat dengan kota, dan sekilas terlihat seperti di tengah kota.
Masjid agung kota Lubuk Linggau dengan latar bukit sulap, eh ini fokusnya ke masjid bukan ke bukit haha
Kata teman saya [referensi macam apa ini] sebenarnya di Lubuk Linggau banyak tempat menarik untuk dikunjungi seperti air terjun Watervang, air terjun temam dua, dan lain-lain [saya lupa haha], tapi  yang jelas kota Lubuk Linggau menurut isunya cuma berjarak satu jam dari 'puncak' atau dari kota Curup yang terkenal dengan daerahya yang dingin, yang terkenal dengan sayurnya yang terkenal dengan pemandian air panasnya, dan terutama stroberinya [ngak kenal? lah iya Curup bukan Bogor atau Bandung toh] hhh jadi kalo dari Lubuk Linggau kita bisa jalan jalan kesini sebagai alternatif jika kota ini menurut kalian tidak bersahabat haha.
Lubuk Linggau dari bukit sulap [sumber poto jalan2.com]

Lubuk Linggau  dapat ditempuh dari Palembang menggunakan kreta dari stasiun besar Kertapati atau melalui bus dari pelambang [saya ngak tau bus apa haha] atau lewat bandara SMB II ke bandara Silampari, saya rasa itu saja catatan untuk perjalanan bulan kemarin itu. nah kalo ada blogger-blogger yang sudah pernah atau sudah lama wara-wiri di kota ini monggo diceritakan mendetail.

10 comments :

  1. Kak bena lain kali mesti nyoba mendaki bukit sulap biar tambah kelihatan kota lubuklinggaunya dari puncak bukit sulap heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih penasaran mau daki kesana katanya kalo sampai puncai bisa berjam-jam ya? tapi kalo diliat kayak cuma 30 menit sampe tuh ke puncak bukit.

      Delete
    2. iiiaa kak, Bikin betah disana :)
      kalau aku kemaren hampir 1 jam lah heheheh

      Delete
    3. nanti aku numpang nginap dirumah situ ya kalo mau ke linggau haha

      Delete
  2. Saya belum pernah ke sana, masih berkelana di pulau jawa dan sekitarnya nih. Mungkin lain waktu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo ada planning ke sumsel, kota ini cocok untuk dijelajahi karena traveler biasanya cuma tau palembang.

      Delete
  3. Lubuk Linggau? Ehh, ini kota kelahiran saya :) selain ada bukit sulap ada bukit cogong, ada air terjun temam. Dan masih banyak deh objek wisata disana :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh dong kita dibagi cerita tentang kotanya lebih detail :D

      Delete
  4. Kaaaak serius baru pertama kali ke Linggau? Itu dusun saya loooh :p wkwkwk
    blogwalking kak :D

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal