Sederhana dan bermakna

5 Cm

"gue makan dari tanahnya, gue minum airnya, masa iya gue tidak berterimakasih juga"
"gantungkan impianmu 5 cm dari keningmu"

http:// www.21cineplex.com/5cm-movie,2967,025CM..htm
Kemarin saya dan teman saya pergi nonton ke bioskop, setelah sekian lama saya tidak pergi ke bioskop akhirnya saya nonton juga di tahun 2013 ini [syukuran], Saya terkahir ke bioskop itu tahun 2011 dengan film terakhir yang saya tonton adalah Insidious [wah sudah lama sekali], Nah kemarin itu saya dan teman saya berencana nonton film The Hobbit yang katanya film ini menceritakan kisah tiga puluh tahun sebelum cerita The Lord Of The Ring dimulai, saya tertarik dengan film ini pun karena saya penasaran dan rindu sekali dengan aktingnnya si 'cebol' Elijah Wood tapi kalau dilihat di poster film memang Elijah Wood sudah bukan pemeran utama lagi seperti perasn Frodo di Lord Of The Ring, tapi kecewanya saya adalah karena film ini sudah tidak ada lagi 'now showing'-nya 21 di kota saya. Tidak tau kenapa, apa karena memang filmnya sudah lama tayang jadi sudah tidak ada lagi, atau karena memang tidak begitu laris karena kalah dengan Habiebie & Ainun dan 5 cm [tapi sepertinya itu tidak mungkin]

Setelah film The Hobbit memang tidak ada, kami akhirnya nonton film 5 cm, sebenarnya ini memang film yang ingin saya tonton setelah The Hobbit, saya tertarik nonton pun karena sudah baca banyak riview di blog-blog dan jejaring sosial yang ramai membicarakan film ini. 

Nah sekarang fokus saya adalah membahas film ini, Film yang berkisah tentang lima orang sahabat yang naik gunung Semeru ini diangkat dari novel best seller karya Dhonny Dhirgantoro dengan judul yang sama yaitu 5cm. Saya sudah lama tau kalau ada novel ini tapi saya tertarik membacanya iya sekitar tahun 2012 kemarin. Dulu ketika buku itu terbit saya masih SMP [kalau tidak salah] saya tidak tertarik membacanya karena di dalam buku itu banyak lagu-lagu bahasa Inggris yang menurutku novel geje [dulu, namanya juga anak SMP], setelah kuliah baru baca novel ini, novelnya bagus setelah dibaca, dan kebetulan setelah beberapa bulan setelah baca novel itu ada kabar filmya bakal tanyang di bioskop, jadi tambah penasaran bagaimana itu cerita bila difilmkan.

Cerita di buka dengan scane yang kayak apa saya kurang tau sebab kami telat masuk ke bioskop jadi ketinggaln cerita di awal, tapi tidak terlalu jauh. 5 orang sahabat ini yakni Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor "Saikoji), Riani (Raline Shah), Zafran (Herjunot Ali) berencana tidak ketemuan selama tiga bulan karena mereka sudah bosan bersama terus, dan Genta mengusulkan bahwa setelah tiga bulan mereka bertemu lagi. Namun setelah bertemu lagi mereka sudah banyak berubah, mereka juga pergi ke Malang untuk naik gunung Semeru yang mana Arial, Dinda (Pevita Pearce)[adiknya Arial], Ian, Zafran dan Riani mereka tidak tau mau kemana karena ini adalah rencana genta.

Tentunya film ini bukan hanya film cerita tentang sahabat saja namun juga di bumbui dengan kisah cinta di antara para tokohnya. ada Zafran yang menyukai si Dinda adik Arial, Sementara si Riani yang memendam perasaannya ke Zafran, keadaan semakin rumit  karena Genta memendam perasaan juga ke Riani . Sementara Dinda menyukai Genta.

Selain cinta, film ini juga mencoba mengangkat rasa nasionalisme, dan di point yang satu ini adalah hal yang paling aku suka, mereka melakukan pendakian itu di bulan Agustus dan mereka berkeinginan sampai di puncak Semeru pada tanggal 17 Agustus untuk megibarkan bendera merah putih. di scane ini terlalu emosional bagi saya, karena  setelah sampai di puncak mereka menagis haru karena mereka berada di puncak tertinggi di tanah Jawa, dan satu persatu mereka mengucapkan janji bahwa mereka akan tetap mencintai dan membela tanah ini [Indonesia]. Dengan backsound musik lagu Tanah Air yang mendayu membuat feel bangga berindonesia itu menyentuh sekali, disini diceritakan bagaimana si Ian yang badannya tambun punya ambisi melanjutkan kuliah ke Manchester, England. Akhirnya memutuskan untuk tidak kesana setelah mereka menaklukkan puncak Semeru dia bilang "aku tidak jadi ke Manchester" terus di lanjutkan " ternyata enakkan di Indonesia, disini, aku makan di tanahnya, aku minum airnya masa aku tidak bertemakasih". Ini yang paling saya ingat selain gantungkan impianmu 5 cm di sini [di depan kening].

Film ini untuk cerita saya kasih rating 3 dari 5, namun yang membuat film ini bagus untuk saya itu adalah pengambilan gambar, saya kasih rating 4 dari lima untuk gambar-gambar Indahnya landscape Semeru dan tempat-tempat lainnya, kalau untuk kisah persahabatannya saya sependapat dengan teman saya kemarin kalau rasa persahabatan mereka sudah lama itu tidak tereksplore, selain itu untuk nasionalis saya acungin jempol karena itu positif untuk para pemuda, dimana quote-quote inspiratif bertebaran, untuk ketersampaian pesan saya rasa bagus. Akting pemain menurut saya cuma Fedi Nuril dan Raline yang bagus, untuk Herjunot biasa saja tapi lumayan di banding di film di bawah lindungan kabah, kalau Pevita biasa juga, Denny pemain baru jadi dapat dimaklumi, Igor gayanya kocak walau biasa. Soundtrack? jelek saya kurang suka Nidji soalnya [heheh] Untuk kisah cinta itu biasa saja karena pada akhirnya ya si Riani dengan Zafran, dan Genta dengan Dinda. Overall film ini bagus untuk ditonton dan sangat saya rekomendasikan.

Tanah Air
By: Ibu Soed
Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Note: Untuk yang pesimis dan apatis terhadap Indonesia, untuk yang merasa persahabatan itu flat, untuk yang merasa bahwa cinta itu jauh, direkomendasikan sekali nonton film ini. dan maaf kalau sebenarnya bicara tentang film ini sudah rada basi heheh dan maaf juga kalau bahasannya muter-muter dan kurang jelas, dan maaf juga kalau ada salah [CMIIW], sudah ah terlalu banyak 'dan'-nya ini.

0 Komentar untuk "5 Cm"

Silakan tinggalkan pesan anda, tidak perlu pesan panjang, cukup komen sederhana saja, oke salam kenal

Back To Top