Wednesday, October 24, 2012

Belom Ke Palembang Kalo Belom Makan Pempek palembang

"oii cek jak dimano kau? sini dulu kau tu makan pekempek dulu. jarang-jarang kau tu ke Palembang
gek di tanyo wong pulo sudah lom makan pemepek, mak uji wong tuh lom ke Palembang kalo belom makan pekempeknyo" -Rogaya 36

Pernah denger kota Pekempek?? yah pasti rata-rata orang sudah denegar dan pasti Palembang lah yang ada di ingatannya. nah kali ini kita akan bercerita tentang pemempek Palembang-salah satu makanan tradisional khas Palembang-. jadi bukan mau ngebahas cek Rogaya yang di awal kalimat itu heheh. di Palembang pekempek yang terkenal itu yang saya tau adalah pekempek Candy dan pekempek Pak Raden
Sumber Photo : imahartanto.multiply.com
Jadi kalo ke palembang, banyak orang mampir di toko pemempek ini. sebenarnya jenis pemempek itu beragam jenisnya diantaranya
1. pemempek kapal selam
2. pemempek kulit
3. pemempek lenjer
4. pemempek tahu, dll

ada pun cara membuat pemempek adalah

Bahan-bahan Dasar:

1. 1 mangkok ikan yang telah dilumatkan (Ikan untuk empek empek sebaiknya menggunakan ikan belida, tenggiri atau kakap)
2. 1 mangkok tepung kanji
3. Air garam secukupnya

Bahan Membuat Untuk Kuah Pempek:
1. 10 buah cabe rawit
2. 6 buah cabe merah
3. 4-6 siung bawang putih
4. Garam
5. Cuka
6. Gula Aren
Jangan lupa tambahkan Air matang secukupnya

Cara membuat empek-empek:
Ambil Ikan dicuci hingga bersih,setelah itu belah lalu kemudian ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan menggunakan sendok. jika sudah tambahkan tepung kanji,lalu aduk aduk, kemudian tuangi adonan tadi dengan air garam sambil diaduk aduk hingga rata dan adonan yang telah mengental kemudian dipulung. Gulung dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. setelah matang kemudian Buka daunnya lalu dinginkan.


Cara membuat kuah Empek-empek:

Semua bahan untuk membuat kuah disatukan lalu gerus sampai halus, tuangi dengan 1 mangkok air matang . setelah itu Bubuhi dengan larutan cuka secukupnya. untuk kuah Rasa harus asin, asam, manis dan pedas. Boleh ditambahkan tongcay yang diiris tipis. Bila ingin kuahnya berwarna agak kecoklatan, bubuhi dengan 1-2 sendok kecap, aduk hingga merata.

Cara Penyajian empek empek.
Empek-empek yang telah dikukus tadi haruslah di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, agar supaya lebih gurih dan empuk. jika sudah tiriskan sejenak lalu potong potong dengan ukuran menurut selera, taruh dipiring. kemudian siram dengan air kuah yang telah dibuat tadi. Sebagai pelengkap anda bisa menambahkan ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat di video berikut




kandungan gizi
informasih berikut ini dikutip dari sini

Di restoran, pempek lebih digolongkan sebagai makanan pembuka (appetizer), yaitu jenis makanan yang dihidangkan dalam keadaan panas atau dingin, yang disajikan pada permulaan dari suatu urutan makanan lengkap.

Penelitian tahun 1980 menunjukkan bahwa persentase hotel dan restoran yang menghidangkan pempek sekitar 44,4-66,7 persen. Seiring dengan penerimaan masyarakat yang kian meluas, tentu saja jumlah restoran penjual pempek kian bertambah dari waktu ke waktu.

Pempek merupakan makanan tradisional masyarakat Palembang yang terbuat dari bahan dasar daging ikan giling dan tepung tapioka. Pempek memiliki citarasa khas dan disukai masyarakat, memiliki nilai ekonomi dan gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi utama pada pempek adalah protein, lemak, dan karbohidrat yang diperoleh dari ikan dan tepung tapioka. Kandungan gizi lainnya berupa vitamin dan mineral.

Perbandingan ikan, air, tepung tapioka, dan garam sangat berpengaruh terhadap nilai gizi, rasa, warna, kekenyalan, serta karakteristik lainnya. Penggunaan ikan akan mempengaruhi citarasa dan aroma makanan ini.

Penggunaan ikan yang semakin banyak akan meningkatkan kadar lemak, protein, dan rasa enak pempek, tetapi tentu saja harganya menjadi lebih mahal. Pempek yang dijual murah biasanya terbuat dari tepung kanji yang ditambahkan penyedap rasa, tanpa menggunakan ikan. Jenis ini di Palembang disebut sebagai pempek dos.

Komposisi zat gizi pempek berbeda-beda menurut jenis serta bahan baku ikan yang digunakan. Pempek kapal selam memiliki kadar protein, lemak, dan vitamin A lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya karena adanya penambahan telur di dalamnya.

Pempek dalam porsi lengkap memiliki kandungan zat gizi yang lebih baik dibandingkan dalam bentuk satuan. Komposisi gizi pempek juga berbeda-beda menurut daerah asalnya

Mengingat demikian khas citarasa dan cukup tingginya kadar gizi pempek, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencobanya. Mengapa tidak dimulai dari sekarang?

Selamat menikmati . -




Sunday, October 21, 2012

SITI NURHALIZA & HAFIZ - Muara Hati


Cinta terpisah ruang waktu
Tetap cinta bersatu dalam hatiku
Walau raga kita tak mungkin bersama
Ku yakini hati dan tetap setia

Ku percaya ke mana pun kau berjalan
Suara cinta menuntun mu kepada ku
Kerna bila cinta sudah bersenandung
Takkan terpisah hati

Demi cinta dalam hatimu
Ku yakin engkau untukku
Meski jejak pisahkan kita
Cinta kan bawa kembali... padamu

Aku ada kerna engkau ada
Tercipta hatiku hanyalah untukmu

Jalanku berhujung padamu

Kemanapun kan pasti kembali o..

Demi cinta dalam hatimu
Ku yakin engkau untukku
Meski jejak pisahkan kita
Cinta kan bawa kembali...
Demi cinta dalam hatimu
Biarkan aku merasa
Sesuatu dalam hatimu
Hanya dirimu dan aku
Demi cinta dalam hatimu... biarkan aku merasuk dalam hati cinta..

Tuesday, October 16, 2012

Mati


“Mati”
@Benagustian


Ketika alam masih bicara tentang embun yang menukik jemari.
Aku telah mati dalam temaram disaat subuh menjelang, sedang kehidupan
Baru dimulai diawal sinar ufuk timur. Dan aku bener-benar sudah mati..
Sepintas siang menyapu kulitku dengan jarinya. Sedang tangan tuhan masih halus aku rasa.

Aku benar-benar mati dan sungguh mati, dalam waktu hujan tak mampu ku hitung
Sementara tetes embun di kaca bening masih terlihat, sementara aku mati.
Mati dalam keadaan salah jalan
Mati dalam kedaan tak berdaya
Mati dalam mimpi yang belum tergapai
Dan lagi aku mati dalam perangkap gelap hidup yang membelenggu.

Aku masih mati, dikala sebarisan semut berlalu di meja kayu berdebu
Aku masih mati dikala baling baling kipas mengirim salam dingin ke bulu kudukku
Aku masih mati dikala detak-detak kaki berdasi mulai pergi.

Inilah cerita kematian yang tak mengerikan tapi menakutkan untuk dilalui
Cerita tentang mati jiwa yang masih bernafas
Kisah tentang masti rasa yang masih empati
Cerita tentang nafas tesengal yang tertatih aku hirup


Dan ini masih cerita tentang kematian, kematian yang tak ditangisi
Dan masih dalam kisah kematian, kematian yang tak ada yang pergi
Dan masih tentang kisah kematian, sementara tak ada yang ditinggalkan.
Sungguh kematian yang tak hanya sekedar mati.

Nafas sayu mendayu tertatih menghela..
Pergilah disaat malaikat maut mengendap mengawasimu
Karena aroma kematian telah terasa. meski, lagi aku  benar- benar mati
Kulit tua pecah memerah menyala
Meluruhlah disaat tangan bercambuk mengundangmu kembali
Karena bulir kematian telah terasa sementara mata masih kuat mengiba

Jalan panjang menatap jejak dikala sopa-sopa tua mulai usang
Gurat kematian telah terbaca, namun mataku masih membelak
Membaca alam yang bukan milikku lagi.
Cangkir tua gelap menyurat kata sudah untukku
Dikala airnya berubah hitam beraroma kematian
Inilah jalan yang mulai hilang kala jejaknya masih aku hitung.


Kepada kematian yang belum benar-benar mematikan
Mataku masih bercerita tentangmu
Tanganku masih menghitung jejakmu
Dan tubuhku masih kokoh memandangmu
Karena aku benar-benar mati......

Dengarkan pembacaan puisi "mati" ini dibawah ini

video



Monday, October 15, 2012

Kunci jawaban Akuntansi Keuangan Menegah buku Kieso

link download <====

intermediate accounting_kieso.rar

Kunci jawaban akuntansi keuangan lanjutan buku Beam edisi 10

Link dowload (update April 2016 LINK MATI MAAF) <<======

advanced accounting 10e - beams.rar

Cara Mengedit Dokumen Word yang Tak Bisa Diedit

Oke, siang ini saya nyari dokumen pendukung untuk tugas kuliah, saya heran kenapa ya ada orang yang pelitnya selangit masa cuma dokumen words yang berisi ilmu ngak mau dibagi, atau lebih tepatnya di protek. padahal kan itu ilmu, kalo dibagi ngak akan bekuranglah. takut di kopas orang?? yah pelit amat jadi orang palingan di cantumin sumbernya sama orang lain..

akhinya saya cari cara bagaimana buat ngedit itu file word biar bisa di copy paste hahah.. oke mungkin ada ya belom tau cara membuka file yang tidak bisa diedit.. dan saya sudah ketemu caranya, dan saya rasa ini penting dan perlu dibagi sama teman-teman semua..

Caranya:
1. Buka file doc tersebut

2. Lalu save as ke format Rich text formt (*.rtf) 


3. Kemudian buka kembali file tersebut dengan opsi "open with" ke "wordpad" bawaan Windows


4. Nah sekarang filenya sudah dapat di edit kembali

5. Setelah itu Anda dapat save as lagi ke ekstensi doc.


Selamat mencoba...


sumber : mohon dikunjungi <<==

Manajemen Keuangan: Capital Budgeting


ANALISIS INVESTASI PADA AKTIVA TETAP (CAPITAL BUDGETING) PADA RENCANA PENDIRIAN PABRIK PEMBUATAN MINYAK GORENG KELAPA SAWIT PT. PALM PLANTTERS
(Makalah)

cover

Dalam makalah ini dibahas bagaimana langkah awal mendirikan sebuah pabrik, meliputi invesment outlay, operating cash flow,  dan cash flow/Proceeds selain itu juga berisi analisis pengambilan keputusan, ini bicara tentang apakah sebuah bisnis layak dilakukan atau tidak layak dilaksanakan menurut kaca mata ekonomi.

Password tanya => @Benagustian

Note: Sumber literatur belum dicantumkan.

Seminar Akuntansi

"kalau kalian mempersentasikan makalah orang lain jangan kalian akui sebagai penelitian kalian, tapi harus cantumkan penulisnya, kalian harus mengutip dari makalah itu yang berhubungan dengan makala kalian" - Mrs Rina

itulah pesan dari ibu Rina Candra Kirana ketika kuliah seminar akuntansi kemaren, tapi bukan ibu Rina yang dibahas disini, kalimat diatas hanya sebagai pendahuluan saja hehe.. tapi sudah pendahuluan saya juga tidak akan menulis latar belakang disini. melain akan langsung kepembahsan haha.

Oke well baiklah, sebenarnya saya tidak punya inspirasi mau menulis apa, tapi ketika di-tag poto oleh saudari Regina mengenai seminar akuntansi kemaren. saya jadi ingin membuat tulisan kayak gini. -Sebenarnya ini bisa disebut latar belakang haha. kemaren tanggal 12 oktober 2012 merupakan persentasi gelombang kedua untuk mata kuliah Seminar Akuntansi. jadi kenapa kalo seminar?? sebenarnya tidak ada kenapa-kenapanya tapi ya.. karena minggu ini ada yang beda karena si Dosen ngomentarin makalah setiap peserta yang tampil. nah teman saya yang bernama Regina ini dapat pujian dari tante Rina haha karena dari sekian banyak yang tampil Regina adalah yang paling siap dan memahami materi.. asyekkkk..
Dwi, Regina, Benagustian
Sebenarnya dari awal Regina Persentasi emang bagus jadi ibarat film kalo dikasih rating 1-5 dikasih 4/5. hahah 
oke Selamat untuk persentasinya Regina, dan dedek Desi.. 
semoga saya juga bisa lebih bagus dari kalian..

Sunday, October 14, 2012

Hei heii.. Ini tentang kami, kamu dan kucing tidur




 “kami adalah sekelompok semut kecil, merayap pelan di sisi kucing yang tidur pulas, mengendap dan menyelinap dalam iringan mungil, hitam itulah kami yangg selalu tertawa meski budak adalah panggilannya, kamu? Ah kamu tak ubah seonggok gula yang aromamu menggugah dikala hujan tak juga redah. Kamikan terus berjalan mencari aroma-aroma manismu disaat hari mulai gelap sedang kucing masih terlelap. Heii bukan karena engku kembang gula lantas kami menyebar tak kenal rupa, dan bukan karena manis rupa engkau dicari semut dan segerombolan lebah.

Dan kami masih beriringan selama kaki kami butuh rasa manis untuk melangkah. Ah sungguh aromamu memperdaya, menjadikan kami budak pekerja yang tak kenal lelah. Heii kamu bukan ratu dan juga kamu bukan jajaran penting dalam barisan kami, karena  sebaris wangi mengudaralah dan itu mempesona, ah sungguh dalam  setiap rasa manismu tak pernah ketemu rasa hambar sedikitpun.

Kami masih berjalan beriringan saat kucing hampir terjaga, kami menyelia, karena sang raja masih berbaring gagah, ah ini masih cerita tentang kamu yang kadang terasa hambar bila didekati , tapi lidah ini telah tau karena hambarmu manis mengusap nafsu hidung ini. lantas kami mengendus? Tidak, tidak sama sekali, tapi karena kami hanyalah semut yang mencari rasa manis disepanjang  jalan yang terlewat dan ini masih buka cerita tentangmu. Karena engkau hanyalan sang aroma yang menggugah dan kami akan kembali selama rasa manis masih ada.."





Friday, October 12, 2012

Daeng Indralaya

"lame tak jumpe kat awak, Ben"
"ho'oh, ade ape? macam tu lah"
"Eh pernah cube es Pisang ijo Makassar awak?"
"Pernah, di Malay ade makanan macam tu?
"iye baru temu kat kedai Indo"

hai heii, ape kabar awak? sumpah kalau ingat percakapan itu searasa jadi orang Malaysia saya hahah. oke terinspirasi dari percakapan itu kali ini saya akan menulis beberapa info tentang makanan khas Makassar ini, sebenarnya bukan info cuma sharing aja. karena di dekat kos ane ada sebuah kedai yang "Daeng" katanya haha, kalo dipikir sih memang namanya itu Makassar banget ya, tapi kurang tau kalo masalah rasa, kalo menurut saya kurang pas. kalo rasa real Makssar aslinya ya saya juga kurang tau karena saya juga belum pernah ke Makassar...

oh well, sebelom curcol panjang lebar kita kenalan dulu dengan kedai daeng ini. oh ya "Kedai Daeng" ini persisnya bersebelahan dengan Terminal Timbangan Km 32, Ogan Ilir. (buka peta kalo mau jelasnya hehe) kalo menu kedai khas Makssaar ini cukupm beragam mulai dari coto Makacal eh calah coto Makassar hehe. sampai dengan soto betawi #lho?? ngaklah maksudsaya sampai Es pisang ijo, soalnya cuma menu itu doang yang saya ingat haha lainnya?? namanya asing di telinga jadi lupa.

1. Es Pisang Ijo

Nah kalo ini merupakan es pisang ijo yang aneh yang pernah saya makan haha soalnya pisangnya keras. setau saya lembut. tapi kayaknya memang itu pisang mentah direbus terus dikasih pemanis buatan haha overall enak.. tapi yang ngak enaknya adalah harganya yang ngak pas banget di kantong mahasiswa seperti saya Rp7000 brooo.. es yang levelan keras gitu harusnya cukup dijual Rp5000 hahah

2. Coto Makassar
Source :Kitab Masakan
Nah kalo yang ini emang enak. (kalo gratisan) hahah kenapa?? soalnya rasanya ngak begitu wah, porsinya juga ngak begitu wah jadi ndak perlulah bilang WOOWW terus loncat loncat jungkir balik, soalnya yah rasanya biasanya aja.. but.. overall enakk apa lagi Gratissssss haha tapi kalo masalah harga. kita mesti bilang WAAAAAWW sambil nari balet haha sambil lidah melet-melet. mau tau berapa?? beneran mau tau? ciyus?? Rp15.000 haha jadi kalo kamu mesan es Pisang ijo + coto Makssar 20.000 boyy.. kalo sebanding sih yah ngak apa.. Mau tau rasanya gimana?? datengin aja TKP bro.

3. Ikan Goreng + Nasi



Kenapa dipisah Ikan sama Nasinya?? karena Nasinya Rp4000 terus Ikan gorengnya Rp12000 mewah banget kan? ihiwwwww tapi kalo dikasih rating yah saya kasih 7/10. lumayannn..

4. Air Mineral



hahah ini yang menapakkan kedai ini jadi "fffffrrrtt" ngak dikasih minum, jadi kamu harus bawak minum dari rumah kalo ngak mau kehausan haha atau beli air mineral.. saya jadi sempat mikir ini yang punya kedai mikir ngak ya kalo air minum yang ngak seberapa ini jadi pelitttt beeeuuuddd.. ssssssttt apakah orang Makassar pelit ya?? 

ehhhhh,,, saya bukan lagi review tempat makan ya saya cuma mau bagi pengalaman haha. kalo dibilang review kok jadi subjektif aliran kiri gitu haha sebenarnya menunya banyak kalo mau ditulis satu-satu yah capek juga sob... eh kasirnya cantik << ngak penting banget kan.. hahaha oke ngak salah kalo kalian mau coba..

Saturday, October 6, 2012

You're My Teacher: Sang Motivator

" Motivator terbaik itu antara lain adalah agama, diri sendiri, orang tua, dan guru" (Benagustian-20)


Yah, mungkin orang akan bertanya kenapa saya menempatkan guru di urutan yang terakhir, seperti kita tau guru adalah orang tua kita setelah orang tua kandung kita, dan saya rasa ada bagian waktu dari hidup kita banyak dihabiskan dengan berinteraksi dengan guru, dari sejak masa sekolah dasar sampai keperguruan tinggi. Saya atau pun anda tidak dapat membantah bahwa yang  selalu memberikan motivasi di sekolah adalah guru. Heii.. lupakah kalian berapa ribu atau jutaan motivasi yang telah guru kita berikan ketika kita duduk di bangku sekolah?. Tak terhitung bukan??. Atau adakah Kau lupa cerita guru Geografi yang bercerita tentang dunia sementara Ia tak pernah menapak kakinya di setiap sudut bumi?. Yah karena Dia hanya menginginkan bahwa lewat kaki kitalah setiap ceritanya menjadi nyata. Itu artinya mereka menanamkan motivasi kepada kita untuk tetap maju.


Heii,, lupakah kita bahwa kebangaan seorang guru adalah kesuksesan anak didiknya??. Saya rasa kita tak akan pernah lupa akan hal itu, dan ketika bercerita tentang guru dan motivasinya saya rasa juga tidak akan berbeda di seluruh dunia, bahwa kesuksean seorang peserta didik adalah tujuannya, dan hal ini ada hubungan dengan video yang saya temukan tentang guru (Mrs. Chong) berikut ini. Video ini menceritakan bagaimana seorang guru menjadi motivator seorang peserta didik (Edwin) hingga suatu hari si peserta didik bernama Edwin datang menemui sang guru karena ia telah sukses. dan itu sangat emosional sekali bagi saya. yah walaupun video ini adalah video dari Singapore tapi itu tadi setiap guru dimanapun pasti sama tidak terkecuali di Indonesia. sebelumnya silakan tonton dulu video berikut  "It's about a bad student who was transformed by Mrs. Chong."


Bagaimana?? saya rasa anda akan menitikkan air mata jika mengingat guru anda, sekarang atau pun nanti guru adalah motivator kita, dan dalam video ini ada satu kalimat yang paling membuat saya emosional yah ketika sang guru mengirim sms " didn't you have bigger dream, Edwin??" dan sang anak mulai tersentuh dengan kata-kata itu. tidak hanya di Singapura di Indonesia banyak guru seperti Mrs. Chong ini. kalian pernah nonton film Laskar Pelangi?? saya rasa semua sudah pernah nonton atau pernah baca novelnya. yah dia ibu Mus yang memompa semangat yang besar kepada team Laskar pelangi. dan saya rasa masih banyak ibu mus ibu mus lain yang tak kita ketahui. salah satunya guru kita sendiri waktu di sekolah mungkin. oleh karena itu jangan pernah sekali-kali kita lupa bahwa langkah kita hari ini adalah langkah yang dituntun oleh seorang guru.

kembali ke video. tak ada bayak perbedaan sebenarnya antara guru di Singapore maupun di Indonesia. bedanya hanya guru di sana punya fasilitas yang cukup, sementara di Indonesia?? belum semua. dan ini merupakan tugas pemerintah. karena guru adalah sang penuntun langka anak bangsa. Tapi satu hal meskipun guru di Indonesia ada yang belum memiliki fasilitas yang cukup dalam mengajar mereka punya mimpi yang tinggi. seperti ibu Mus dalam film laskar pelangi yang memiliki kekuatan hati yang begitu besar meski keadaan sulit. Hal inilah yang membanggakan sekaligus terselip rasa pedih di dalamnya.

tidak itu saja, keadaan sulit bukan berarti guru-guru mundur, tapi malah semangat mereka membara, saya masih ingat ketika saya duduk di bangku sekolah menegah sekitar tahun 2003 di sebuah kampung di Sum-Sel, waktu itu di sekolah saya tidak ada guru TIK, gurunya saja tidak ada apalagi kalau nanya fasilitas. namun guru guru di sekolahku waktu itu malah bertekad walaupun kami tak tau bentuk komputer seperti apa, atau menggunakannya seperti apa. tapi mereka menggambarkan bahwa komputer iru seperti ini (dengan cara menggambarnya di papan tulis), dan yang lebih menakjubkan mereka bukanlah guru TIK tapi guru kesenian merangkap guru TIK.

Semangat! itulah yang diajarkan oleh guru-guru waktu itu, sebuah semangat yang mampu membawaka kita kegerbang keterbukaan pikiran. dan motivasi semangat inilah yang harusnya ada pada setiap siswa seperti kita.

Mrs. Chong It's time for dinner!!
sekian.. 
"You Never Forget a Good Teacher"


Teach!!!!, you'll be amazed at the difference you can make.